Festival Imlek Dan Cap Go Meh di Singkawang Resmi Dibuka, Replika Pagoda Dicatat MURI

oleh
Replika Pagoda di Stadion Kridasana, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat, Kamis malam (23/1). Mizar/BorneOneTV

Singkawang, BorneOneTV.com – Wakil gubernur Kalbar Ria Norsan membuka secara resmi festival Imlek dan Cap Cap Go Meh 2020 di Stadion Kridasana, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat, Kamis malam (23/1). Pembukaan ditandai pemukulan Gendang oleh Wakil gubernur dan seluruh Forkompimda yang hadir dan pemberian pelakat penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Acara pembukaan ini diisi dengan hiburan rakyat, tarian 17 paguyuban etnis.

Norsan menilai,  perayaan Imlek dan Cap Go Meh di Kota Singkawang sangat luar biasa meriah. “Kita berikan apresiasi kepada Walikota Singkawang dan masyarakat Tionghoa yang ada di Singkawang yang berpartisipasi dalam perayaan Imlek dan Cap Go Meh tahun ini,” ujarnya.

Norsan  mengatakan, setiap tahun perayaan Imlek dan Cap Go Meh sangat berbeda. Dan khusus tahun ini adalah pagoda terbesar yang tercatat dalam rekor MURI. “Ini merupakan suatu kemajuan Kota Singkawang. Dan nanti akan digelar event terbesar yang telah mendunia,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Norsan berpesan kepada masyarakat Tionghoa Kalbar agar tetap melestarikan budaya dan menjaga persatuan dan kesatuan. “Setiap daerah di mana pun berada, etnis apa saja, pemerintah akan tetap mendukung demi kemajuan dan keharmonisan masyarakat terutama umat beragama yang ada di Kalbar,” tuturnya.

Sementara itu, Walikota Singkawang, Tjhai Chui Mie menyatakanm, Pemerintah Kota Singkawang akan terus mengevaluasi event yang telah diselenggarakan di kota itu, sehingga ke depan akan lebih baik lagi.  “Untuk tahun ini merupakan tahun tikus logam yang bermakna tahun yang kuat dan tahun yang makmur. Terutama untuk pebisnis. Dan kita harapkan bagi bapak ibu yang ingin berbisnis di Kota Singkawang khusunya untuk berinvestasi pembangunan bandara di Kota Singkawang yang kemarin telah dilakukan Site Visit,” tuturnya.

Usai acara pembukaan, rombongan Wakil Gubernur dan Forkompimda meninjau replika Pagoda setinggi 20 meter yang masuk rekor MURI.

Hadir dalam acara pembukaan ini Wakapolda Kalbar. Pangdam XII/tpr, perwakilan MURI, Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan, Ketua Umum Panitia Imlek dan Cap Go Meh, Hengky Setiawan. Ketua Panitia Pelaksana Tjhai Leonardi, Sekretaris Panitia Bong Cin Nen, Kapolres Singkawang AKBP Prasetiyo Adhi Wibowo, Komandan Kodim 1202/Singkawang, Letkol Arm Viktor J.L Lopulalan serta tamu undangan yang hadir. (mizar).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *