Desa Teluk Pakedai Satu Gelar Musrenbangdes 2021

oleh
Suasana Musrenbangdes Teluk Pakedai Satu, Kecamatan Kecamatan Teluk Pakedai, Kabupaten Kubu Raya, Senin (27/1). Istimewa

Kubu Raya, BorneOneTV.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Teluk Pakedai Satu, Kecamatan Teluk Pakedai, Kabupaten Kubu Raya gelar Musrenbang Desa untuk tahun anggaran 2021 dan Ekpose Laporan Pertanggung Jawaban APBDesaTahun 2019 dengan mengusung Tema Pembangunan Desa Berbasis Partisipasi dan Potensi menuju Desa Mandiri, di Aula kantor desa setempat,  Senin (27/1).

Turut hadir hadiri perwakilan Kecamatan Teluk Pakedai, Kades dan Perangkat Desa Teluk Pakedai Satu, Muspika Kecamatan Teluk Pakedai, para Kepala Dusun, unsur kecamtan sebagai fasilitator, Ketua BPD, LPM serta tokoh masyarakat.

Selain itu juga hadir Inspektorat Kabupaten Kubu Raya dengan tujuan untuk mensupport pembangunan di Desa Teluk Pakedai Satu. Musrembang Des ini merupakan yang pertama kali di laksanakan pada Tahun 2020.

Musrenbang desa adalah forum musyawarah perencanaan tahunan di tingkat desa untuk membahas dan menyepakati usulan kegiatan pembangunan hasil musyawarah dusun,hasil dari musrenbang desa di usulkan di tingkat kecamatan.

Kades Teluk Pakedai Satu, Edy, SH menjelaskan, Musrenbangdes ini untuk mendorong partisipasi masyarakat desa dalam menyusun perencanaan pembangunan tahunan di tingkat desa. “Kegiatan ini dimulai dengan tahapan penggalian gagasan di tiap-tiap dusun dan hasil penggalian gagasan di tingkat dusun juga turut diikut sertakan sebagai bahan Musrenbang di tingkat desa,” tutur Edy.

Beberapa usulan tokoh masyarakat ikut mewarnai Musrenbangdes ini dengan suasana hangat dan bersahabat ditanggapi oleh pihak desa maupun pihak kecamatan, komunikasi dua arah yang berjalan baik sehingga terciptanya usulan yang direncanakan menjadi skala perioritas untuk usulan Musrenbang desa tahun 2021. “Usulan-usulan dari bawah ini nantinya akan kita bawa ke musrenbang tingkat kecamatan dan akan diputuskan hasilnya pada Musrenbang tingkat kabupaten,” ujarnya.

Edy mengatakan, pada usulan-usulan tahun kemaren yang prioritas  diprioritas potensi  yang ada di desa Teluk Pakedai Satu yakni  perikanan dan pertanaian. Jadi, harapannya pemeritah pusat dan pemerintah daerah untuk dapat membantu apa yang telah diusulkan segala prioritas melalui Musrembang. Seperti, pembangunan infratruktur jalan, normalisasi sungai, penanggulan dan pintu air. “Karena itu mengacu pada faktor ekonomi pengasilan masyarakat, itulah yang prioritas kita usulkan dari pemerintah desa melalui musrembangdes ini,” ucapnya.

Lanjut Edy,  dana desa yang sangat terbatas tidak mungkin mengcover semua itu. Sedangkan potensi wisata di Desa Teluk Pakedai Satu yang bisa dikembangkan yaitu wisata pemancingan ikan dan udang.

Dengan kehadiran Inspektorat Kabupaten Kubu Raya yang telah memberikan pemahaman dan pemaparan tentang penggunaan DD dan ADD, termasuk hak dan tanggung Jawab kepala Desa, Edy berharap masyarakat Desa Teluk Pakedai Satu bisa memahaminya. “Tentunya hasil musyawarah dusun, hasil dari musrenbang desa diusulkan di tingkat kecamatan,” katanya. (Dd/Ismail)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *