Musrenbang Desa Tanjung Saleh Tampung Aspirasi Warga

oleh

Kubu Raya, BorneOneTV.com – Pemerintahan Desa (Pemdes)Desa Tanjung Saleh,Kecamatan Sungai Kakap menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), Jumat, (31/1).
Musrenbang ini berlangsung di aula gedung serbaguna desa setempat dengan tema menuju desa bermartabat.
Tampak hadir Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya, Ir.Usman dan Camat Sungai Kakap, Rusdety. Babinkantibmas. Karang taruna, LPM, Kelompok Tani, BKMT, lembaga pendidikan, ketua RT, RW, kepala dusun, serta ratusan warga desa Tanjung Saleh.

KadesTanjung Saleh, Sy.Muksin Al.Hiduan menyampaikan, Musrenbangdes ini untuk menampung aspirasi serta usulan-usulan dari warga pada pelaksanaan pembangunan. Baik itu infrastruktur, sosial, budaya, pendidikan dan ekonomi.
“Musrenbangdes Tanjung Saleh untuk rencana kegiatan tahun 2020. Harapanya dengan musrenbang ini selain menyerap usulan-usulan juga meningkatkan partisipasi masyarakat dalam membangun desa dan pro aktif membayar PBB untuk meningkatkan Pembangunan Desa Tanjung Saleh,” katanya.
Lanjut Sy. Muksin Al. Hiduan, musrenbang merupakan sebuah perencanaan pembangunan sesuai dengan kewenangannya dengan mengacu kepada perencanaan pembangunan kabupaten.
Dokumen rencana pembangunan merupakan rencana satu satunya dokumen perencanaan di desa dan sebagai dasar penyusunan anggaran pendapatan dan belanja desa( APBDes). Ia menambahkan hasil musrenbang ini akan dibawa ketingkat kecamatan. Hasil dari Musrenbang ini dijadikan dasar pembuatan APBDes tahun 2020, sehingga program kegiatan pembangunan untuk tahun 2021 telah ada peruntukan kegiatannya.
“Tujuannya untuk pembagunan yang tepat sasaran, seperti jalan, sekolah, sarana olahraga dan lainnya dirasa perlu diperhatikan. Selain APBDes ada lagi kegiatan kami laksanakan yaitu menyusun RKPDes 2021 nanti. Itu diambil dari hasil Musrenbangdes tersebut,” jelasnya. (Dd/Ismail)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *