Ritual Cuci Jalan di Singkawang Bikin Takjub Wisatawan

oleh
Wisatawan menyaksikan ritual Cuci Jalan di halaman Vihara Tri Dharma Bumi Raya Kota Singkawang, Jumat (7/2). BorneOneTV

Singkawang, BorneOneTV.com – Ratusan wisatawan menyaksikan ritual Cuci Jalan di halaman Vihara Tri Dharma Buimi Raya Kota Singkawang, Jumat (7/2).

Cuci jalan merupakan ritual sebelum melaksanakan Festival Cap Go Meh, untuk membersihkan atau tolak bala dari roh jahat. Tabuhan genderang dan sekelompok orang yang membawa tandu yang diduduki seorang bak dewa perang China mulai memasuki Vihara. Atraksi para Tatung menjadi dayatarik tersendiri.

Pengunjung asal Lampung, Akhiong mengaku takjub dengan ritual tersebut. “Saya baru pertama kali datang ke Singkawang. Sangat mengesankan,” ujaranya.

Pengunjung dari Banjarmasin, Tonyanto mengungkapkan sudah tiga kali datang ke kota Singkawang bersama rombongan dari Medan. “Saya lihat festival Cap Go Meh ini sangat bagus. Dan tidak membosankan,” katanya.

Sementara itu menurut Lisan, cuci jalan tahun ini sepi. Lantaran isu Virus corona. “Sepi tahun ini. Tidak seperti tahun biasanya. Dan saya harap virus corona tidak ada di Kota Singkawang,” ucap warga Kota Singkawang tersebut. (Tim BorneOneTV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *