Warga Desa Sei Deras Dikagetkan dengan Guncangan Gempa

oleh

Sintang,BorneOneTV.com – Pada Sabtu (22/2) sekitar pukul 22.37, warga Desa sungai Deras, Kecamatan Ketungau Hilir, Kabupaten Sintang dikagetkan getaran yang menyerupai gempa bumi. Sebelumnya getaran itu belum pernah terjadi.
Getaran itu membuat warga berlarian keluar rumah untuk menyelematkan diri. Kejadian itu dibenarkan Kepala Desa Sungai Deras Yefta. “Benar bahwa di desa Sungai Deras Dusun Gudang Garam/ Sepan Kemantan tadi malam ada goncangan sejenis Gempa yang membuat masyarakat ketakutan,” ujar Yefta.
Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Supadio Pontianak, Erika Mardiyanti dalam siaran tertulisnya menyampaikan, analisis pemutakhiran dari Pusat Gempa bumi Nasional BMKG mengindikasikan telah terjadi gempabumi berskala sangat lokal pada pukul 22:36:59 WIB dengan kekuatan Magnitudo 3,5 pada koordinat 0.58 LU – 111.33 BT, tepatnya berada di darat 81 Km Timur Laut Sekadau dengan kedalaman 10 Km. “Dampak gempabumi tersebut digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di kabupaten Sintang dengan skala intensitas maksimal II MMI,” tuturnya.

Saat ini BMKG sedang membangun jaringan pendeteksi gempabumi di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Kalimantan Barat. Saat ini sudah ada 3 alat Pendeteksi gempabumi yang aktif dan beroperasi di Kalimantan Barat, yaitu di Kabupaten Sintang dan Kabupaten Ketapang (Nanga Tayap dan Kendawangan). Tahun 2020 ini BMKG akan membangun 7 Shelter Broadband Seismograph di Kalimantan Barat, yaitu di Kabupaten Sambas, Kabupaten Landak, Kabupaten Kayong Utara, Kabupaten Sanggau, Kabupate Melawi, dan Kabupaten Kapuas Hulu (2 buah). “Dengan semakin rapatnya jaringan pendeteksi gempabumi di Kalimantan Barat ini diharapkan informasi getaran atau gempabumi di Kalimantan Barat bisa dideteksi dengan tepat, cepat dan akurat,” ucapnya.
Catatan di Kabupaten Sintang sebelumnya terdapat gempa bumi dengan magnitudo 3,1 pada 27 Maret 2019 lalu, pukul 05.40 WIB, Lokasi : 0.08 LU 111.92 BT (Pusat gempa berada di darat 48.63 km Timur Laut Kabupten Sintang), Kedalaman 5 Km, dirasakan (MMI) I-II.

“Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpancing informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Sebagai antisipasi munculnya pemberitaan simpang siur, masyarakat diharapkan mengakses informasi BMKG melalui website http://www.bmkg.go.id,” pungkasnya. (ysi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *