PLBN Aruk Ramai Pelintas, Thermoscanner Sudah Setahun Lebih Dioperasikan

oleh
Petugas di PLBN Aruk, Kamis (27/2). Foto Dedi Anggara

Sambas, BorneOneTV.com –  Awak media ini berkesempatan berkunjung ke Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk di Desa Sebunga, Kabupaten Sambas, Kamis siang (27/02/2020). Dan berkesempatan bertemu Kepala Pos Imigrasi PLBN Aruk, Daryanto.

Daryanto menyambut dan mengapresiasi kedatangan awak media ini. “Agar kiranya kedepan bisa bekerjasama, bersinergi dalam memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat,” ujar Daryanto.

Daryanto menuturkan, setiap harinya  lalu lintas orang baik yang akan pergi dan datang dari Sarawak Malaysia ataupun Brunei Darusalam ke Kabupaten Sambas, Singkawang maupun Pontianak pelayanan berjalan  dengan baik,  sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Daryanto menjelaskan, lalu lintas orang perhari  berangkat dan datang dihari biasa 500 – 600 orang. “Di momen tertentu seperti Natal, Cap Go Meh, Tahun  Baru ,  rata-rata 600  – 1000 orang dan di momen Idul Fitri biasa biasanya pelintas mencapai  1000 – 1500 orang,” tambah Daryanto.

PLBN Aruk, Kabupaten Sambas, Kamis (27/2). Foto Dedi Anggara

Selain itu, awak media ini juga  sempat menemui petugas atau operator Thermoscanner, Ridwan. Dan Ridwan mengatakan bahwa Thermoscanner sudah setahun lebih dioperasikan di PLBN Aruk. “Cara kerja alat Thermoscanner mendeteksi suhu  tubuh dari pelintas yang lewat, misal ada pelintas  yang mengalami  suhu tubuh tinggi (diatas 38 derajat  celcius) ,  maka  alat ini akan berbunyi. Maka pelintas tersebut akan langsung diarahkan  petugas untuk pengecekan kedua, yaitu  personal Scan,” jelas Ridwan.

Kerja alat ini cepat sekali. Jadi, pelintas tidak perlu berdiri diam dalam waktu lama tertentu untuk dipindai. “Hingga saat ini belum ada ditemukan tanda – tanda pelintas mengalami indikasi terpapar Virus  corona,” katanya.  (Dedi Anggara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *