Bupati Rupinus Buka Bimbingan Manasik Haji Pemkab Sekadau

oleh
Bupati Sekadau, Rupinus membuka Bimbingan Manasik Haji Pemkab Sekadau di Mess Pemda, Kabupaten, Kamis (19/3). Krisantus/BorneOneTV

Sekadau. BorneOneTV.com – Bupati Sekadau, Rupinus membuka Bimbingan Manasik Haji Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sekadau Tahun 1441 H/ 2020 M di Mess Pemda, Kabupaten Sekadau, Kamis (19/3).

Rupinus mengatakan, manasik haji Pemkab Sekadau tahun 1441 H akan dilaksanakan selama empat hari. “Kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud memberikan pembinaan dan pelayanan serta perlindungan bagi jamaah calon haji Kabupaten Sekadau. Dalam persiapan pemberangkatan untuk pelaksanaan rangkaian ibadah haji di tanah suci Mekah dan Madinah nanti,” jelas Rupinus.

Menurutnya, manasik ini juga merupakan kesempatan berharga bagi jamaah calon haji Kabupaten Sekadau untuk meningkatkan pengetahuan, membangun rasa kebersamaan serta kekompakan sesama jamaah haji sehingga diharapkan dapat memperlancar perjalanan dan pelaksanaan rangkaian kegiatan ibadah itu nantinya. “Manasik haji yang dilaksanakan Pemkab ini merupakan suatu kewajiban pemerintah dalam memberikan pembinaan pelayanan dan perlindungan terhadap jemaah calon haji sebagaimana diamanahkan dalam undang-undang nomor 8 tahun 2019 tentang penyelenggaraan ibadah haji dan umroh,” katanya.

Untuk itu, adapun tujuan diselenggarakannya kegiatan inik adalah untuk memberikan bimbingan kepada para jamaah calon haji agar mengetahui memahami dan menghayati setiap amalan dalam pelaksanaan ibadah haji baik rukun wajib maupun sunnahNya, selama di tanah suci para jamaah calon haji dapat melaksanakan ibadah dengan sempurna sehingga kembali ke tanah air membawa berkat haji yang mabrur.

“Disamping itu melalui kegiatan bimbingan manasik haji ini juga dapat memberikan gambaran umum kepada jamaah calon haji tentang tempat-tempat bersejarah dan adat istiadat yang berlaku di tanah suci sehingga ketika berada di sana nanti para jamaah mampu beradaptasi dengan kondisi dan situasi, baik ketika berada di Mekkah maupun di Madinah,” tambahnya.

Rupinus juga menyampaikan penghargaan dan mengucapkan terima kasih kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sekadau beserta tim narasumber yang telah bersedia membantu dalam pelaksanaan bimbingan ini. “Khusus kepada bapak dan ibu para jamaah calon haji Kabupaten Sekadau sebagai peserta manasik haji, kami mengucapkan selamat mengikuti kegiatan manasik haji ini dan pergunakan waktu serta kesempatan dengan sebaik-baiknya sehingga dapat menjadi bekal yang berharga dalam melaksanakan perjalanan serta rangkaian ibadah haji di tanah suci nantinya,” ucapnya.

Rupinus mengajak jamaah calon haji untuk berdoa dan berusaha dalam mencegah Virus corona supaya tidak menyebar ke Kabupaten Sekadau. “Kita sekarang ini sedang dilanda bencana nasional yakni Virus corona yang telah menyebar secara cepat ke beberapa negara salah satunya Indonesia, marilah kita berdoa dan berusaha mencegah jangan sampai virus Corona tersebut menyebar sampai ke daerah kita,” pungkasnya. (Krisantus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *