Kadiskes Kalbar Ingatkan Petugas Medis dan Dinas Kesehatan Tak Ungkap Identitas Pasien

oleh

Pontianak, BorneOneTV.com – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, dr. Harisson mengatakan akhir-akhir ini petugas medis di rumah sakit maupun di Dinas Kesehatan sering mengungkapkan identitas pasien yang sebenarnya wajib dirahasiakan.
“Kerahasian kedokteran menyangkut identitas pasien sudah diatur di dalam Undang-undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan dan Undang-undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit,” jelas Harisson, Kamis (2/4).
Lanjut Harisson, secara lebih detail itu diatur dalam Permenkes Nomor 36 Tahun 2012 tentang Rahasia Kedokteran. Di Peraturan Menteri Kesehatan itu dalam pasal 3 disebutkan rahasia kedokteran mencakup antara lain identitas pasien, nama, alamat secara detail tidak bolah disebutkan.
Dalam pasal 4 disebutkan semua pihak yang terlibat dalam pelayanan kedokteran dan atau menggunakan data dan informasi tentang pasien wajib menyimpan rahasia kedokteran. “Sekali lagi nama pasien, alamat lengkap tidak boleh kita ungkapkan kepada masyarakat,” ingatnya.
Pengungkapan rahasia kedokteran kepada masyarakat itu dimungkinkan dalam pasal 9 yaitu pembukaan rahasia kedokteran dalam rangka kepentingan umum, sebagaimana dimaksud pada ayat 1 dilakukan tanpa membuka identitas pasien. “Jadi kalau kita membuka suatu permasalahan kesehatan seseorang maka yang tidak boleh adalah identitas pasien,” ingatnya lagi.
Kepentingan umum itu memang disebutkan bahwa salah satunya kalau misalnya ada ancaman kejadian luar biasa (KLB), wabah penyakit menular. “Sekali lagi kita tidak boleh menyebut nama pasien dan alamatnya secara lengkap,”
Selanjutnya di Permenkes Nomor 4 Tahun 2018 tentang Kewajiban Rumah Sakit dan Kewajiban Pasien, pada pasal 17 ayat 2 disebutkan Hak pasien adalah mendapatkan privasi dan kerahasian penyakit yang diderita termasuk data medisnya. “Dengan penjelasan ini saya harapkan semua petugas kesehatan atau para pemangku kepentingan yang menggunakan data kedokteran diharapkan untuk memperhatikan tentang rahasia kedokteran dalam hal ini identitas pasien,” tutupnya. (BorneOneTV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *