Atraksi Lima Tatung Meriahkan Cap Go Meh di Sanggau

Tatung sedang Beratraksi. Foto : Abang Indra

Sanggau, BorneoneTV – Perayaan Cap Go Meh di Kota Sanggau pada Sabtu (11/2)  berlangsung meriah. Sebanyak lima tatung dari Clivv Group, Pontianak didatangkan di bumi daranante tersebut.  Acara Cap Go Meh dipusatkan di Terminal Oplet, Jalan Ahmad Yani,  Kelurahan Ilir Kota dengan disaksikan ribuan warga Kota Sanggau. Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot, Kapolres Sanggau AKBP. Donny Charles Go, Dandim 1204/Sanggau Letkol. (Arm), I Putu Agung Sujarnawa, Ketua Pengadilan Negeri Sanggau, Ahmad Irfir Rochman, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Sudarsono, para tokoh Tionghoa, MABT, IKBM, Paguyuban , Camat Kapuas, para Lurah, dan sejumlah Anggota DPRD Sanggau. pukul 14.00 Wib, acara dimulai dengan karnaval budaya dan atrakasi tatung. Berbagai etnis dan lintas agama ikut memeriahkan perayaan Cap Go Meh 2568 tahun ini. Dengan pengawalan ketat  petugas Kepolisian berpatroli, peseta karnaval dan atraksi lima tatung diarak keliling Kota Sanggau. Masyarakat Kota Sanggau tumpah ruah menyaksikan pagelaran karnaval tahunan ini. Hingga ke jalan raya. Akibatnya, sempat terjadi kemacetan diruas jalan menuju lima Kabupaten di Kalbar itu. Namun aparat keamanan dari Sat Lantas Polres Sanggau langsung sigap untuk mengatur lalu lintas sehingga mengurangi kemacetan.

Wakil Bupati Sanggau,  Yohanes Ontot menyampaikan bahwa perayaan Cap Go Meh tahun ini merupakan simbol keberagaman di Indonesia khususnya di Kabupaten Sanggau, karena kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh etnis Tionghoa saja akan tetapi lintas agama dan lintas budaya. Ia berharap, kebhinekaan di Kabupaten Sanggau terus dipertahankan dan dipupuk agar tujuan Sanggau maju dan terdepan bisa terwujud. Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau, Ontot menyampaikan selamat merayakan Imlek dan Cap Go Meh 2568 kepada warga Tionghoa Kabupaten Sanggau.

Bacaan Lainnya

Wakil Bupati, Kapolres dan Dandim Sanggau Memeriahkan Perayaan Cap Go Meh. Foto : Abang Indra

Kegiatan ini menurut Ontot merupakan salah satu wujud pembangunan “Seven Brand Image” Kabupaten Sanggau yaitu Sanggau Berbudaya dan Beriman. Oleh karena itu, kita berharap Sanggau maju dan terdepan dapat terwujud. Perayaan Cap Go Meh memiliki arti malam ke-15 tahun baru Imlek dan merupakan rangkaian terakhir perayaan Imlek. Kegiatan Cap Go Meh menjadi salah satu wadah untuk bersilaturahmi secara umum dan memupuk nilai keagamaan, rasa cinta tanah air dan penghargaan terhadap keberagaman budaya. Perayaan Imlek pada tahun ini dalam tradisi Tionghoa masuk pada tahun sio ayam api. Tahun sio ayam api dipercaya mengajarkan manusia tentang ketertiban, pengawasan dan perencanaan strategis. Oleh sebab itu, lanjutnya, ada baiknya mengambil langkah diplomasi yang tepat agar sukses di tahun 2017.

Kualitas yang baik, tambahnya, akan menjadi kunci ditahun 2017 berkaitan dengan energi chie dari sio ayam api.

“Harapan positif kita ditahun ayam api adalah tumbuhnya semangat dalam masyarakat untuk membangun daerah dan semoga semangat ini terus membara hingga Sanggau menjadi daerah yang dikenal masyarakat luas tanpa bermaksud melecehkan atau melakukan penistaan, semoga pemaknaan pada tahun ayam api memberikan nilai-nilai positif  bagi kemajuan dan pertumbuhan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sanggau,” katanya.

Pagelaran Budaya Bangsa Meriahkan Cap Go Meh di Sanggau. Foto : Abang Indra

Ontot berharap, Kabupaten Sanggau yang masyarakatnya terdiri dari berbagai ragam suku, agama, budaya dan ras bisa menjadi perekat yang mempersatukan seluruh anak bangsa. Perbedaan ini mesti dijadikan sebuah kekuatan untuk membangun negara dan bangsa khususnya Kabupaten Sanggau agar tercapai cita-cita pembangunan seperti yang diharapkan.

“Pemerintah Daerah akan terus mengembangkan budaya yang ada karena membangun budaya berarti membangun manusia yang bermoral, berahlak dan bermartabat,” tuturnya. (Abang Indra)

Galat basis data WordPress: [Incorrect key file for table './username_wp280/wprd_comments.MYI'; try to repair it]
SELECT SQL_CALC_FOUND_ROWS wprd_comments.comment_ID FROM wprd_comments WHERE ( comment_approved = '1' ) AND comment_post_ID = 1283 AND comment_parent = 0 ORDER BY wprd_comments.comment_date_gmt ASC, wprd_comments.comment_ID ASC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.