Kedepankan Program Prioritas Masyarakat

Gubernur Cornelis memberikan sambutan pada Musrenbang RKPD Kabupaten Mempawah di Aula Kantor Bupati. Foto : Fisa

Mempawah, BorneOneTV – Gubernur Kalimantan Barat, Drs. Cornelis, MH, menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Mempawah Tahun 2018, di Aula Kantor Bupati Mempawah, Selasa (7/3).

Dalam arahannya, Gubernur meminta agar perencanaan suatu pembangunan senantiasa berlandaskan pancasila. Ideologi bangsa Indonesia itu harus menjadi dasar untuk menyusun berbagai program pembangunan.

Bacaan Lainnya

“Kadang kita lupa menjabarkan sila demi sila untuk kepentingan rakyat dan memberikan pelayanan kepada rakyat. Pembangunan itu harus bisa dinikmati oleh rakyat, harus mengedepankan prioritas yang diperlukan masyarakat. Bukan kepentingan pribadi maupun kelompok,” tegas Gubernur.

Gubernur mengatakan pembangunan harus menjadikan manusia Indonesia semakin cerdas, pintar dan mampu bersaing dengan negara-negara lain. Membangun, imbuh dia, juga bukan asal-asalan tetapi harus terencana dan teroganisir serta terlaksana dengan baik. “Pengawasan harus dikontrol dengan aturan sehingga pembangunan itu bermanfaat untuk masyarakat,” ucapnya.

Terkait Musrenbang RKPD kali ini, Gubernur juga menyinggung soal persiapan Pilkada Kabupaten Mempawah yang akan dilaksanakan 2018 mendatang. Ia kemudian meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mempawah segera mengajukan anggaran ke Pemerintah Kabupaten Mempawah. “Jangan sampai terlambat, harus segera diajukan. Dengan demikian, pada 2018 nanti tidak lagi dipusingkan soal anggaran Pilkada,” ungkapnya.

Sebelumnya Bupati Mempawah, Drs. H. Ria Norsan, MM, MH, menjelaskan perencanaan pembangunan bukan semata menjadi tanggungjawab eksekutif tetapi juga DPRD dan masyarakat. Melalui musrenbang ini, bupati mengharapkan partisipasi aktif seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Mempawah untuk duduk bersama memformulasikan rencana pembangunan 2018.

“Dengan demikian, kegiatan pembangunan tahun 2018 benar-benar mengatasi permasalahan yang terjadi sesuai potensi yang dimiliki,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Ria Norsan mengungkapkan garis besar isu strategis dan permasalahan yang dihadapi daerah. Pertama sumber daya manusia dengan fokus peningkatan angka partisipasi murni pada jenjang pendidikan menengah serta meningkatkan harapan hidup dengan memberikan akses sebesar-besarnya kepada masyarakat terhadap pusat-pusat layanan kesehatan.

“Kemudian yang kedua yakni di bidang ekonomi. Pemerintah daerah fokus pada peningkatan investasi dan pengembangan usaha mikro kecil dan menengah dalam rangka mengurangi tingkat kemiskinan. Terakhir atau ketiga di bidang infrastruktur dengan fokus pada peningkatan infrastruktur dasar yang akan berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Musrenbang RKPD ini turut dihadiri Wakil Bupati Mempawah, H. Gusti Ramlana, S.Sos, Ketua DPRD Mempawah, Dr. H. Rahmad Satria, SH, MH, beserta anggota DPRD Kabupaten Mempawah, sejumlah pimpinan SKPD Pemerintah Provinsi Kalbar, SKPD Kabupaten Mempawah,  camat, kepala desa, lurah, mahasiswa dan lainnya. (fsa)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.