Tabligh Akbar Syeikh Ali Jabber Tentramkan Kalbu

Ketua IPHI Kalbar, Ria Norsan saat memberikan sambutan di Masjid Awaluddin, Desa Sungai Durian, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya. Foto : Dian Sastra

Kubu Raya, BorneOneTV – Tabligh Akbar Pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kalbar, Minggu (12/3), kembali digelar. Kali ini giliran Kabupaten Kubu Raya sebagai penyelenggaranya. Sama seperti sebelumnya, kegiatan yang dipimpin Ketua IPHI Kalbar, Drs. H. Ria Norsan, MM, MH dan dilaksanakan di Masjid Awaluddin, Desa Sungai Durian, Kecamatan Sungai Raya dihadiri ulama Madinah, Syeikh Ali Jabber.

“Program tabligh akbar IPHI Kalbar telah dilaksanakan sejak tahun 2016 lalu. Dan Kabupaten Kubu Raya merupakan kabupaten ke-7 yang kami datangi. Sebelumnya, tabligh akbar telah dilaksanakan di Singkawang, Sintang, Melawi, Sekadau, Bengkayang dan Sambas,” kata Ria Norsan mengawali sambutannya dihadapan ribuan jemaah.

Dalam kesempatan itu pun, Ria Norsan yang juga Bupati Mempawah ini memperkenalkan diri bersama jajaran pengurus serta rombongan tabligh akbar IPHI Kalbar yang bertandang ke Kabupaten Kubu Raya. Melalui perkenalan tersebut, dirinya berharap akan terjalin silahturahmi yang lebih baik dimasa mendatang.

“Jika tak kenal maka tak sayang. Maka, kami seluruh Pengurus IPHI Kalbar perlu memperkenalkan diri kepada seluruh masyarakat khususnya pengurus IPHI di tingkat kabupaten hingga kecamatan. Harapan kami kedepannya dapat melaksanakan program-program yang telah disusun IPHI Kalbar,” ujarnya.

Tidak lupa, Ria Norsan berpesan kepada Anggota IPHI baik Kalbar maupun Kabupaten Kubu Raya agar senantiasa menjadi teladan. Tidak hanya teladan untuk keluarga, melainkan bagi seluruh masyarakat di lingkungannya. Ia kemudian menganjurkan agar anggota IPHI dan masyarakat selalu tolong menolong dalam melakukan kebaikan.

“Allah SWT melalui surat Al-Maidah mewajibkan seluruh umat Islam untuk saling tolong menolong dalam menyerukan kebaikan. Bukan hanya antar sesama muslim melainkan terhadap non muslim di lingkungannya. Karena, Islam itu merupakan agama rahmatan lil alamin bagi seluruh manusia dan alam ini,” katanya seraya berharap para alumni Mekkah dan Madinah itu dapat membawa kemabruran dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Kubu Raya, Rusman Ali mengucapkan terimakasih kepada Ketua IPHI Kalbar, H Ria Norsan yang telah melaksanakan kegiatan tabligh akbar di lingkungan masyarakatnya. Ia berharap kehadiran ulama Madinah, Syeikh Ali Jabber itu dapat memberikan ilmu dan pencerahan agama bagi umat Islam di daerah itu.

“Semoga dengan kedatangan Syeikh Ali Jabber ini dapat memberikan keberkahan bagi masyarakat dan daerah Kubu Raya. Harapan kamu, daerah ini bisa lebih maju dan berkembang serta masyarakat hidup sehat sejahtera,” ucapnya sembari diamini ribuan jemaah.

Dihadapan jemaah, Rusman mengaku sangat mengenal sosok Ketua IPHI Kalbar, H Ria Norsan. Dikatakannya, Ria Norsan merupakan sahabat dekat yang juga hidup bertetangga di lingkungan tempat tinggalnya.

“Pak Ria Norsan ini memang lebih muda dari saya. Namun, dalam hal kepemimpinan Pak Ria Norsan lebih senior. Sebab, beliau sudah dua periode memimpin Kabupaten Mempawah. Mudah-mudahan Allah SWT memudahkan Pak Ria Norsan untuk memimpin Kalbar,” tutur Rusman yang kemudian menanyakan persetujuan jemaah jika Ria Norsan menjadi Gubernur Kalbar yang kemudian diamini ribuan jemaah.

Dalam tausiyahnya, Syekh Ali Jabber mengingatkan umat Islam terhadap pesatnya kemajuan dan perkembangan teknologi. Sebab, menurut ulama terkemuka itu, teknologi dapat mengancam akidah dan pendidikan keagamaan bagi anak-anak. Maka, peran orang tua sangat penting untuk membimbing dan pendidik anak-anaknya sesuai perintah dan tuntunan agama Islam.

“Gara-gara sibuk main handphone dan game online, anak-anak melalaikan kewajibannya untuk beribadah. Anak-anak tidak mau sholat, malas belajar mengaji bahkan tidak mau pergi ke masjid. Hal ini tidak boleh terjadi dan harus kita antisipasi,” ujarnya mengingatkan.

Lebih jauh, Ali Jabber menilai munculnya beragam permasalahan dalam agama Islam saat ini dikarenakan kesalahan yang dilakukan oleh umat Islam itu sendiri. Karena, umat Islam kurang menghargai agamanya. Akibatnya, para ulama Islam dengan mudahnya di fitnah, disebut-sebut sebagai biang kerusuhan dan lain sebagainya. Bahkan, umat Islam dikatakan tidak mengerti tentang demokrasi.

“Maka, sejak sekarang kita hargai agama dan ajaran Islam. Tingkatkan pula iman dan takwa kepada Allah SWT. Karena, barang siapa yang bertakwa maka Allah akan memberikan kemudahan dalam segala urusannya. Dan diselamatkan dari siksa neraka jahanam serta diterima segala amal ibadahnya. Sebab, kunci kehidupan itu adalah takwa bukan harta. Ketakwaan-lah yang menjadi kunci utama bagi manusia dalam menjalani kehidupan di dunia ini,” pungkas dia.

Usai bertatap muka dengan ribuan jemaah di Desa Sungai Durian, rombongan tabligh akbar Pengurus IPHI Kalbar menuju ke Desa Sungai Punggur Kecil, Kecamatan Sungai Kakap. Dalam kesempatan itu, dilangsungkan pengukuhan pengurus IPHI Kecamatan Sungai Kakap oleh Ketua IPHI Kalbar, H Ria Norsan. Tak hanya itu, juga dilakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Syuhada SMA/SMK Pelangi, Desa Sungai Punggur Kecil, Kecamatan Sungai Kakap oleh Bupati Kubu Raya, Rusman Ali, Ketua IPHI, Ria Norsan dan Ali Jabber. (fsa)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.