Jokowi: Pos Lintas Batas Negara RI Sekarang Tidak Kalah dari Malaysia

Perbatasan Badau, Indonesia. (Foto: Dok. Biro Pers Istana)
Kapuas Hulu, BorneOneTV – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Nanga Badau di Provinsi Kalimantan Barat. PLBN Nanga Badau adalah salah satu dari 3 PLBN yang dibangun di Kalbar.
Selain PLBN Nanga Badau, Jokowi juga telah membangun PLBN Entikong dan PLBN Aruk Sajingan Besar. Dengan bangunan yang cukup megah dan berbagai sarana dan prasarana yang telah disiapkan, Jokowi menegaskan kini PLBN yang dimiliki Indonesia tidak kalah dengan yang dimiliki Malaysia.
 
Peresmian Pos Lintas Batas Negara. (Foto: Dok. Biro Pers Istana)
 
“Semuanya sudah kita bangun total. Pos lintas batas kita, sekarang membanggakan kita semuanya dan tidak kalah dengan yang di sebelah (Malaysia),” ucap Jokowi dalam keterangan tertulisnya dikutip dari kumparan.com, Kamis (16/3).
Pada kesempatan tersebut, Jokowi berpesan bila Pemprov Kalbar memiliki kewajiban untuk membangun sarana pendukung di sekitar PLBN. Misalnya bisa dibangun pasar rakyat modern dengan dilengkapi sistem transportasi yang memudahkan masyarakat.
 

Bacaan Lainnya

Jokowi di peresmiann PLBN Nanga Badau. (Foto: Dok. Biro Pers Istana)
 
“Bukan hanya kantornya, pos lintas batas negaranya, tapi juga pasarnya harus ada. Dan tadi saya dibisiki Pak Menteri (PU dan Perumahan Rakyat) tahun ini dimulai, tahun depan selesai, sehingga ada kegiatan ekonomi yang bisa dipakai oleh masyarakat,” paparnya.
Selain itu dengan adanya PLBN ini, pemerintah bisa mengawasi arus barang impor yang masuk terutama dari Malaysia. Sehingga meminimalisir upaya penyelundupan yang kerap terjadi di wilayah perbatasan.
 
Jokowi melihat peresmian PLBN Nanga Badau. (Foto: Dok. Biro Pers Istana)
 
“Yang namanya barang penyelundupan semuanya harus setop, tidak ada lagi, semuanya harus resmi. Jadi jelas berapa pemasukan untuk negara, rakyat bisa menikmati dari hasil perdagangan tadi,” kata Jokowi. (kumparan.com/Biro Pers Istana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.