Jokowi Serahkan 1.198 Kartu Sakti

Puan Maharani menjelaskan tentang bantuan Kartu Sakti disela kunjungan Jokowi ke Mempawah. Foto : istimewah

Mempawah, BorneOneTV – Selama beberapa hari berkunjung ke Kalbar dan setelah meresmikan PLBN Nanga Badau, Kapuas Hulu pada kamis (16/03) dan PLBN Aruk, Sambas pada jumat(17/03),   Presiden RI ke-7, Joko Widodo, beserta  rombongan kembali mengadakan kunjungan di Pantai Kijing, Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah pada sabtu (18/03).

Agenda kunjungan Presiden Jokowi kali ini, adalah untuk  menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), Program Makanan Tambahan (PMT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) di Pantai Kijing, Kecamatan Sungai Kunyit Kabupaten Mempawah.

Bacaan Lainnya

Kartu bantuan itu dibagikan Presiden Jokowi  ke  1.198 orang warga dan pelajar yang berasal dari Kabupaten Mempawah.

Ilustrasi Kartu Sakti Jokowi / dzikir20.wordpress.com

Puan Maharani yang turut ikut dalam rombongan Presiden menjelaskan bahwa setiap warga yang memiliki kartu Program Keluarga Harapan (PKH) akan menerima uang santunan dari Pemerintah RI  sebesar Rp 2 juta  setiap tahunnya. “Dengan  rincian, warga akan menerima Rp500 ribu per 3 bulannya”, ungkapnya

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI ini mengatakan bahwa uang bantuan ini tidak akan hilang sehingga warga tidak perlu sekaligus mengambilnya.

”Bantu berupa uang ini akan disalurkan atau dikirim  melalui nomor rekening di buku tabungan milik masing-masing pendamping yang telah didaftarkan dalam program ini, sehingga  bantuan uang ini tidak akan hilang dan tertukar selama nama warga masih terdaftar sebagai yang menerimanya”, jelasnya.

Sedangkan untuk pelajar yang menerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) akan merima dana bantuan sebesar Rp 450 ribu untuk pelajar SD, Rp 750 ribu untuk pelajar SMP dan Pelajar SMA serta SMK akan menerima uang santunan sebesar Rp 1 juta. “Bantuan itu akan diterima sekali setiap kenaikan kelas yakni selama pertahun”, ungkapnya

Puan menambahkan, untuk penerima PMT khususnya di Kabupaten Mempawah akan menerima 1 ton makanan tambahan. “Tolong dipergunakan baik-baik apa yang telah diberikan oleh Pak Presiden Jokowi ini,”  tegasnya.

Jumlah penerima kartu sakti Presiden Jokowi di Kabupaten Mempawah  diantaranya Kartu Indonesia Sehat (KIS) ada 98 orang dari total penerima 89.126 orang, kemudian KIP diberikan kepada 500 siswa dari total 1.018 siswa, penerima Program Makanan Tambahan (PMT) sebanyak 450 orang dan penerima Program Keluarga Harapan (PKH) sebanyak 150 orang dari 3441 penerima manfaat.   (Teddy)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.