Pengawasan Perbatasan Perlu Kerjasama Semua Pihak Terkait

Konfrensi pers penangkapan 11 kg lebih sabu asal Malaysia di kantor BNN Kalbar. Foto : Joni

Pontianak, BerkatTV – Menyikapi maraknya narkoba asal Malaysia yang masuk ke Kalbar melalui perbatasan, Waka Polda Kalbar, Brigjen Pol Amrin Remico menegaskan pihaknya selalu melakukan patroli dikawasan perbatasan. Baik pintu masuk resmi maupun jalur tikus, yang sehari-hari dilalui warga sekitar perbatasan.

“Dalam melakukan pengawasan serta pemeriksaan terhadap barang dan orang baik diperbatasan resmi maupun di jalan tikus, kami bersama dengan TNI melakukan patroli gabungan,” ujarnya Selasa (21/3).

Dalam hal ini kata dia, pengawasan dan pengamanan di kawasan perbatasan dilakukan oleh anggota Bhabinkamtibmas Polsek Entikong.

“Termasuk anggota kepolisian yang melakukan patroli diperbatasan, khususnya di jalan tikus maupun pintu gerbang resmi perbatasan,” paparnya.

Senada dengan hal itu, Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Bea Cukai Kalbar, Saifullah Nasution mengungkapkna selama ini Bea Cukai Kalbar sudah melakukan pengawasan secara intensif dengan prosedur yang baku dalam melakukan pemeriksaan di PPLBN.

Namun kata dia, dengan kegiatan pemeriksaan yang dilakukan sehari-hari, tidak semua bisa dilakukan secara maksimal.

“Mengingat, diperbatasan bukan saja dilakukan pemeriksaan terhadap orang yang keluar masuk perbatasan juga kendaraan yang harus dilayani setiap waktu,” ungkapnya.

Untuk mencegah masuknya barang-barang ilegal termasuk narkoba kata dia, kedepannya akan dilakukan pengawasan dan pemeriksaan yang lebih optimal.

“Selama ini, kami dibantu info oleh intelejen termasuk warga dalam melakukan pendalaman dan penindakan secara langsung,” tegas dia.  (jon)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.