Sosialisasi E-Voting Pilkades di 20 Desa

Syarif M Shaleh. Foto : Fisa

Mempawah, BorneOneTV – Pemerintah Kabupaten Mempawah dipastikan menerapkan sistem pemungutan suara elektronik atau e-voting dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) yang akan digelar serentak di 20 desa, Mei mendatang.

Nah guna menyukseskan pelaksanaan e-voting pertama di Pulau Kalimantan itu, Anggota DPRD Kabupaten Mempawah, Syarif M Shaleh, meminta instansi terkait lebih pro aktif mensosialisasikannya ke masyarakat. Tujuannya agar masyarakat terutama mereka yang memiliki hak suara pada Pilkades dapat memahami tata cara penggunaan alat peraga sistem e-voting tersebut.

“Masih banyak masyarakat terutama pemilih di pedesaan yang awam tentang perangkat teknologi e-voting. Jangankan menggunakan, melihatnya saja mungkin tidak pernah. Tentu jika tidak ada sosialisasi atau simulasi tata cara menggunakan alat peraga dengan sistem e-voting ini masyarakat di pedesaan akan kebingungan,” kata Shaleh saat dihubungi via telepon seluler, Selasa (21/3).

Shaleh menyebutkan Pilkades serentak di 20 desa di Kabupaten Mempawah dengan menggunakan e-voting ini merupakan suatu langkah maju. Selain pertama kali diterapkan di Pulau Kalimantan, pemungutan suara secara elektonik ini jika sukses dilaksanakan bisa menjadi pelopor penerapan teknologi serupa pada event yang lebih besar yakni Pilkada di daerah ini.

“Bukan tidak mungkin nanti Pilkada baik tingkat kabupaten/kota maupun provinsi menggunakan sistem e-voting. Nah sebagai langkah persiapan, maka sejak dini masyarakat sudah harus diberikan pengetahuan tentang pemungutan suara secara elektronik ini,” ucapnya.

Tidak lupa, Shaleh yang merupakan Legislator Partai Golkar ini meminta pelaksanaan Pilkades serentak di 20 desa dapat berlangsung tertib, aman dan lancar. Ia meyakini jika Kabupaten Mempawah sukses menerapkan e-voting, maka bisa menjadi pelopor bagi daerah lain untuk menerapkan metode pemungutan yang sama.

“Pada Mei nanti fokus perhatian seluruh kabupaten/kota di Kalimantan Barat bahkan daerah lain di Pulau Kalimantan akan tertuju kepada Kabupaten Mempawah. Tentu kita mengharapkan pelaksanaan Pilkades nanti berjalan sukses seperti yang menjadi harapan kita bersama,” pungkas dia. (fsa)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.