Wako Pontianak Minta Seluruh Lurah Tidak Gaptek

Wali Kota Pontianak, Sutarmidji saat berbicang dengan Menpan-RB RI, Asman Abnur. FOTO : Jemi Ibrahim

Pontianak, BorneOneTV – Wali Kota Pontianak, H. Sutarmidji, SH, M.Hum meminta kepada seluruh Lurah yang ada di kota Pontianak untuk tidak ‘Gagap Teknologi’ (Gaptek).
Hal ini ditegaskan oleh orang nomor satu di kota Pontianak itu saat memberikan sosialisasi penerapan ‘Open Data’ E-Kelurahan di ruang rapat Kantor Wali Kota, Senin (3/4) pagi.
Dikatakan Sutarmidji sudah seharusnya Lurah memahami teknologi, terlebih dengan adanya penerapan E-Kelurahan yang sudah digagas Pemkot.
“Lurah tak boleh Gaptek, sekarang sudah ada E-Kelurahan berarti E-Pemerintah. Semua sudah jalan, biar memudahkan warga. Jadi orang nanti mengurus surat tinggal dari rumah saja,” kata Sutarmidji kepada awak media.
Dikatakan Sutarmidji, dengan adanya aplikasi E-Kelurahan tersebut diharapkan dapat memudahkan warga dalam mengurus administrasi mereka. Sutarmidji juga menilai saat ini Lurah tidak harus disibukkan melakukan tanda tangan pada setiap kertas administrasi yang ada di Kelurahan. Terlebih dengan adanya E-Kelurahan ini.
“Banyak sebenarnya urusan-urusan di Kelurahan itu yang seharusnya tidak perlu. Terutama masalah kepegawaian. Hal-hal kayak itu seharusnya sudah tidak diperbanyak, yang tidak perlu tak usah,” tegasnya.
Ditambahkan Sutarmidji, pihaknya akan meminta jajaran Kelurahan untuk memangkas peraturan persyaratan administrasi yang tidak perlu dan dapat menghambat efektifitas pelayanan di Kelurahan. Kata dia setidaknya ada 26 pelayanan di Kelurahan hingga Kecamatan yang akan dirampingkan demi memberikan efisiensi kepada masyarakat. (dede)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.