Arab Saudi Tetapkan Awal Ramadan Sabtu 27 Mei

oleh
Kota Suci Mekah. Foto : reuters

BorneOneTV – Pemerintah Saudi Arabia menetapkan hari Sabtu, 27 Mei 2017 sebagai hari pertama Ramadan. Pengumuman itu disampaikan oleh Pengadilan Tinggi Saudi pada 25 Mei 2017 seperti diberitakan Arab News, 25 Mei 2017.

Bulan sabit tak tampak pada Kamis malam, sehingga mereka memutuskan puasa jatuh pada hari Sabtu. “Bulan tidak tampak di seluruh wilayah Muslim pada Kamis, 25 Mei. Berdasarkan itu pemerintah Saudi menetapkan puasa jatuh pada hari Sabtu,” ujar seorang pakar astronomi Khalid Al-Zaaq, salah seorang anggota Persatuan Astronomi dan Ilmu Ruang Angkasa Arab melalui twitternya.

Ia juga menambahkan, Ramadan tahun ini akan dimulai dan diakhiri pada hari Sabtu, dengan total hari berjumlah 29 hari. “Akan ada empat hari Jumat selama Ramadan tahun ini,” ujarnya menambahkan.

Uni Emirat Arab juga mengumumkan hal yang sama setelah Komite Pemantau Hilal di negara mereka gagal melihat bulan sabit pada Kamis malam, dan segera mengumumkan Ramadan jatuh pada hari Sabtu.

Kementerian Urusan Waqaf dan Islam di Qatar juga mengumumkan di Twitter bahwa mereka tak berhasil menemukan bulan pada Kamis malam. Negara-negara lain di Arab dan Timur Tengah yang juga mengumumkan hari pertama Ramadan jatuh pada hari Sabtu adalah Kuwait, Yaman, Bahrain, Irak, Lebanon, dan Ghana.

Lebih dari 1,6 miliar Muslim di seluruh dunia akan segera menjalan ibadah Ramadan, bulan yang menurut keyakinan umat Muslim adalah bulan yang paling mulia. (Arab News)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *