Imbas Bom, Tiga Negara Keluarkan Travel Warning ke Indonesia

Suasana Halte TransJakarta di Kampung Melayu setelah Ledakan Bom. Foto : reuters

BorneOneTV – Usai ledakan bom yang terjadi Rabu malam di Kampung Melayu, Jakarta Timur, sejumlah kedutaan besar negara sahabat mengeluarkan travel warning kepada warganya yang berada di Jakarta. Negara-negara tersebut antara lain Amerika Serikat, Inggris dan Malaysia dilansir dari laman viva.co.id.

Melalui website resmi www.gov.uk, pemerintah Inggris memperingatkan warganya untuk sementara waktu menghindari wilayah ledakan, tetap waspada dan mengikuti saran dari pihak berwenang setempat.

Bacaan Lainnya

Senada dengan hal itu, Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta juga mengeluarkan imbauan kepada warganya yang berada di sekitar wilayah insiden untuk tetap waspada dan segera melaporkan kepada pihak berwenang apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Menanggapi hal ini, Jubir Kemlu RI Arrmanatha Nasir mengatakan imbauan tersebut merupakan kewajiban semua negara untuk mengingatkan warga negaranya apabila terjadi suatu kejadian.

Hal serupa juga dilakukan KBRI London yang mengeluarkan imbauan kepada seluruh WNI yang berada di Inggris, saat terjadinya ledakan bom pada konser Ariana Grande di Manchester beberapa hari lalu.

“Jadi negara-negara itu mengeluarkan peringatan kepada warga negara di Jakarta untuk warganya agar hati-hati untuk menghindari daerah itu. Itu bukan peringatan lainnya atau untuk tidak ke Indonesia. Tapi imbauan kepada warga negaranya untuk berhati-hati,” ujar Arrmanatha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.