Tegang dengan Korut, 2 Kapal Induk AS dan Kapal Jepang Latihan Perang

Dua kapal induk Amerika Serikat dan kapal-kapal perusak Jepang latihan perang gabungan di tengah memanasnya ketegangan dengan Korea Utara, Kamis (1/6/2017). Foto/Facebook/US 7th Fleet

BorneOneTV – Dua kapal induk Amerika Serikat (AS) dan armada tempurnya latihan perang bersama dua kapal perusak Jepang. Manuver gabungan ini digelar di saat ketegangan dengan Korea Utara (Korut) memanas.

Dikutip BorneOneTV dari laman sindonews.com, Jepang marah setelah rudal balistik yang diuji tembak militer Korut beberapa hari lalu menghantam wilayah zona ekonomi eksklusif (ZEE)-nya.

Latihan perang gabungan AS dan Jepang dimulai sejak hari Kamis dan akan berlangsung selama tiga hari di Laut Jepang.

Dua kapal induk AS yang bergabung dalam latihan perang gabungan adalah kapal USS Carl Vinson dan Kapal USS Ronald Reagan. Sedangkan dua kapal perusak yang dikerahkan Jepang adalah kapal Hyuga dan kapal Ashigara.

Dalam sebuah posting di halaman Facebook-nya, Armada ke-7 AS menggambarkan manuver gabungan itu sebagai latihan rutin.

“Grup Ronald Reagan dan Carl Vinson Strike bergabung dengan Angkatan Bersenjata Maritim Jepang (JMSDF) untuk latihan rutin guna meningkatkan interoperabilitas dan kesiapan di Indo-Asia Pasifik,” tulis Armada ke-7 AS.

Militer Jepang juga mengonfirmasi pengerahan dua kapal perusaknya dalam manuver gabungan bersama militer AS. ”Ini adalah pertama kalinya kami berolahraga dengan dua operator. Ini adalah latihan besar bagi kami,” kata militer Jepang melalui seorang juru bicara, seperti dikutip Reuters, Jumat (2/6/2017).

Latihan perang gabungan ini juga melibatkan sejumlah pesawat jet tempur F-15 Jepang dan jet tempur F-18 AS.

Sebelumnya, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan bahwa Tokyo akan melakukan ”aksi spesifik” dan bergabung dengan AS untuk mengatasi “kenakalan” rezim Korea Utara yang dipimpin Kim Jong-un. Namun, Abe tidak menjelaskan aksi spesifik yang dia maksud. (sindo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.