Baru Kali Ini Presiden Jokowi Salat Idul Fitri di Mesjid Istiqlal

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta para pejabat negara. Foto : Istimewah

BorneOneTV – Presiden Republi Indonesia (RI) Joko Widodo dan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla Minggu pagi ini (25/06) melaksanakan salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Keduanya hadir bersama-sama untuk menjalani ibadah Salat Id yang juga turut dihadiri sejumlah pejabat tinggi negara dan menteri.

Sejak menjabat Presiden dan Wakil Presiden pada 2014, ini kali pertama Joko Widodo dan Jusuf Kalla menjalankan salat Idul Fitri bersama-sama di Masjid Istiqlal. Pada beberapa Lebaran sebelumnya, Presiden selalu menunaikan ibadah Salat Id di luar Pulau Jawa, yaitu di Aceh pada tahun 2015 dan Padang pada tahun 2016.

Pada salat Id di Masjid Istiqlal tahun 2017 ini, cendekiawan Muhammad Quraish Shihab yang dulunya pernah menjabat sebagai Menteri Agama pada tahun 1998, bertindak sebagai khatib.

Dalam khotbahnya, Quraish mengingatkan kembali pentingnya persatuan di tengah beragamnya masyarakat Indonesia. Hal itu perlunya kesadaran antarmanusia karena semestinya memiliki rasa cinta kasih dan perdamaian. “Pentingnya semangat nasionalisme dalam rangak untuk memperat persatuan dan kesatuan bangsa,” ungkapnya.

Quraish pun berharap agar umat beragama harus saling hidup berdampingan dan menghormati satu sama yang lainnya, tanpa harus menyebarkan rasa kebencian. “Walaupun mereka berbeda keyakinan, namun mereka adalah saudara kita,” ungkapnya. (Iwan/ Kontri Jakarta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.