Sutarmidji Berharap Sultan Pontianak ke IX Jadi Pemersatu Masyarakat

Sultan Syarif Machmud Melvin Alkadrie

BorneOnetv.com – Sultan Syarif Machmud Melvin Alkadrie resmi dinobatkan menjadi Sultan Pontianak ke IX mengatikan almarhum ayahnya Sultan Syarif Abubakar Alkadrie. Prosesi penobatan tersebut digalar di Istana Kadariah Pontianak, Sabtu 15 Juli 2017.

Wali Kota Pontianak, Sutarmidji berharap dengan dinobatkannya sultan Pontianak yang ke IX tersebut dapat menjadi perekat dan pemersatu masyarakat, tanpa memandang agama dan suku.

Bacaan Lainnya

“Saya berharap sultan dapat fokus kepada pengembangan budaya Pontianak, supaya lebih mendunia, kemudian mendukung pengambangan pariwisata Kota Pontianak, kemudian sultan juga bisa mengayomi seluruh kompoten entis maupun agama yang ada di Kota Pontianak,” kata Sutarmidji usai menghadiri penibatan sultan di halaman istana Kadariah.

Sementara itu Wakil Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengatakan, penobatan sultan ini merupakan prosesi budaya yang bisa mengangkat budaya Kota Pontianak terkenal ke seluruh penjuru tanah air dan dunia.

“Kebudayaan yang ada saat ini tentunya harus kita tunjang karena ini merupakan cikal bakal penduduk Kota Pontianak secara mayoritas, jadi kami berharap setelah dikukuhkannya sultan ini persatuan dan kesatuan umat dan keharmonisan di kota Pontianak terjalin,” katanya.

Ia menambahkan pemerintah selama dua tahun terakhir ini sudah fokus membangun dan mengambangkan kawasan keraton dan masjid Jami, untuk ditata ulang sebagai kawasan budaya dan menjadi sayu diantara icon pariwisata Kota Pontianak.

“Kita harapkan sultan bisa mengayomi dan menggali potensi-potensi yang ada dari leluhur, untuk kita jadikan salah satu kegiatan Pemda Kota Pontianak,” pungkasnya. (Bagas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.