Mirip Manusia, Simpanse & Orangutan Juga Alami Krisis Paruh Baya

Simpanse

BorneOneTV.com – Studi baru menunjukkan simpanse dan orangutan mengalami krisis umur paruh baya atau midlife crisis sama seperti manusia.

Tim peneliti internasional menemukan adanya kesamaan siklus kehidupan dan kebahagian dari dua primata besar tersebut.

Para peneliti menemukan adanya siklus hidup di mana kesejahteraan mereka meninggi di masa muda, mulai menurun di usia pertengahan, dan naik lagi di usia tua. Mirip dengan ‘Kurva U’ kebahagiaan yang terjadi pada manusia, dilansir BBC, Minggu 16 Juli 2017.

Studi baru ini dilakukan oleh para ahli dari berbagai bidang, seperti psikolog, ahli primata, dan ekonom. Hasil dari penelitian ini telah diterbitkan di Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS).

Menurut Alexander Weiss, seorang penulis dalam jurnal penelitian dan psikolog dari Universitas Edinburgh, yang kami uji adalah bentuk ‘Kurva U’ yang menggambarkan hubungan antara usia dan kesejahteraan pada primata, sama halnya yag terjadi pada manusia.

“Kami berharap penelitian ini menunjukkan bahwa ada kesamaan siklus hidup antara manusia, simpanse, dan orangutan,” kata Weiss.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manusia laki-laki dan perempuan, simpanse, dan orangutan, memiliki siklus kehidupan yang sama pada usia tertentu, namum ada perbedaan dalam peran sosialnya. Para kera besar tidak melakukan hal-hal yang dilakukan oleh manusia saat krisis menyerang.

Pengujian penelitian

Pengujian diambil dari 508 sampel kera besar yang terdiri dari simpanse dan orangutan dengan berbagai usia. Kera besar itu berasal dari kebun binatang, penangkaran, dan pusat penelitian.

Hasil dari penelitian ini didapat setelah mewawancarai penjaga kebun binatang, relawan, peneliti, dan pengasuh primata yang telah mengetahui perilaku simpanse dan orangutan. (Arah)

Galat basis data WordPress: [Incorrect key file for table './username_wp280/wprd_comments.MYI'; try to repair it]
SELECT SQL_CALC_FOUND_ROWS wprd_comments.comment_ID FROM wprd_comments WHERE ( comment_approved = '1' ) AND comment_post_ID = 3647 AND comment_parent = 0 ORDER BY wprd_comments.comment_date_gmt ASC, wprd_comments.comment_ID ASC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.