Mahasiswa di Medan Unjuk Rasa Tolak Perppu Ormas

Mahasiswa Medan lakukan aksi penolakan Perppu Ormas/arah.com/nugi

BorneOneTV – Ratusan mahasiswa melakukan unjuk rasa di pusat Kota Medan, Senin 17 Juli 2017. Mereka menentang terbitnya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Ormas yang dinilai berpotensi represif dan memunculkan rezim otoriter.

Aksi ini dilakukan Aliansi Mahasiswa Muslim Bersama Umat (AMMBU). Mereka melakukan aksi long march dari Lapangan Merdeka-Jalan Guru Patimpus, Bundaran Majestik-Kapten Maulana Lubis, dan kembali ke Lapangan Merdeka.

Bacaan Lainnya

“Kami menolak keras terbitnya Perppu tersebut karena sepenuhnya tidak ada alasan yang bisa diterima untuk menerbitkan Perppu itu,” kata Abdul Rahman, Koordinator Lapangan AMMBU di Lapangan Merdeka, Medan.

Menurut AMMBU, dari sisi substansial, Perppu Ormas mengandung sejumlah poin yang bakal membawa negeri ini kepada rezim diktator, represif dan otoriter. Salah satunya terkait dihilangkannya proses pengadilan dalam mekanisme pembubaran Ormas.

Selain itu, AMMBU juga menilai ada ancaman pemidanaan terhadap anggota dan pengurus Ormas. “Ini menunjukkan Perppu ini menganut prinsip kejahatan asosiasi dalam mengadili pikiran dan keyakinan, sesuatu yang selama ini justru ditolak,” tandas Abdul Rahman. (Arah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.