Michel Mayor, Ilmuwan Pemburu Planet Kembaran Bumi

Michel Mayor, ilmuwan pemburu planet kembaran Bumi (Nature)

BorneOneTV – Ilmuwan terus mencari keberadaan planet yang mirip dengan lingkungan Bumi. Itu dilakukan sebagai upaya mencari tempat baru untuk kehidupan manusia di masa depan.

Nah, salah satu ilmuwan yang giat mencari planet ‘adik’ dari Bumi adalah Michel Mayor, astronom dari University of Jenewa, Swiss. Dia bersama timnya sudah menemukan ratusan eksoplanet selama dua dekade terakhir, dilansir Nature, Senin 17 Juli 2017.

Pemburu planet yang sudah berusia 71 tahun itu melakukan penemuan luar biasa di tahun 2013. Mayor menemukan eksoplanet mirip Bumi bernama Kepler 78b. Planet itu memiliki kepadatan, ukuran, dan jarak tidak terlalu dari Bumi.

“Kepler 78b sangat mirip dengan Bumi. Planet itu memiliki kandungan air yang banyak dan mengorbit pada sebuah matahari sendiri. Saya ingin merayakan penemuan ini sebelum pensiun,” kata Mayor.

Kamu yang belum tahu, eksoplanet merupakan planet-planet yang berada di luar sistem tata surya kita. Planet-planet ini berada dalam orbit lain dan mengelilingi matahari mereka sendiri.

Sebelumnya, Mayor juga pernah menemukan planet kembaran Bumi pada tahun 1995 silam. Bersama rekannya Didier Queloz, dia berhasil menemukan eksoplanet yang mengorbit pada mataharinya sendiri.

“Mayor adalah orang yang berbakat menggunakan alat-alat teknologi. Tahun demi tahun, dia terus mengembangkan alat untuk menemukan planet kembaran Bumi. Saya kagum setiap kali melihat dia melakukan perburuan eksoplanet,” kata Geoff Marcy, seorang pemburu eksoplanet dari University of California, AS.

Sampai saat ini, Mayor masih terus melakukan perburuan planet kembaran Bumi. Usaha itu dilakukan untuk mencarikan tempat baru bagi manusia kelak jika Bumi sudah tidak mendukung untuk kehidupan.

“Ketika Anda menemukan sebuah kubah dan ada instrumen langit di atasnya. Itu adalah sebuah kenikmatan besar,” kata Mayor. (Arah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.