Ilmuwan Ciptakan Chip yang Bisa Kembalikan Saraf Otak yang Rusak

Ilustrasi Saraf Otak. Foto : oquefazumneurologista.wordpress.com

BorneOneTV – Penyembuhan pasien yang mengalami kebutaan hingga kini tidak ada yang menjamin kesuksesan.
Hingga saat ini, untuk mengatasi hal tersebut hanya dapat dilakukan dengan transplantasi mata yang itu pun tidak menjamin mampu melihat kembali.

Hal ini menjadi masalah yang dipikirkan oleh para ilmuwan di Rice University, Texas, Amerika Serikat (AS). Mereka akhirnya mendapatkan menemukan solusinya dengan menciptakan chip implan khusus yang digunakan pada otak.

Chip yang diberi bernama FlatScope ini mirip dengan mikroskop kecil yang nantinya akan di tempelkan pada otak pasien.

Setelah berada di dalam, chip ini akan memantau dan memicu saraf untuk dimodifikasi menjadi zat yang telah menyerap sinar dan radiasi elektromagnet lain.

Seperti dilansir dari australiaplu, Para ilmuwan tersebut mengatakan penemuan ini mungkin bermanfaat dalam pengembangan prostetik yang dapat digunakan di dalam otak untuk mengganti atau memperbaiki fungsi-fungsi dari jaringan yang rusak.

Para peneliti mampu menciptakan sebuah ‘rangka’ dimana dalam sebuah percobaan sel otak tikus dapat menumbuhkan pola atau alur saraf dengan menggunakan kawat nano yang dipasang pada pola di semikonduktor.

Chip tersebut membuktikan kemungkinan rangka kawat nano itu dapat digunakan memandu jaringan otak untuk membentuk koneksi fungsional.

Secara teori, hal serupa dapat digunakan untuk menumbuhkan kembali jaringan otak manusia yang rusak.

Pemimpin penelitian Dr Vincent Daria mengatakan pertumbuhan sel-sel di otak menghadirkan tantangan yang unik bagi para ilmuwan. (arah.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.