Kereta Ramah Lingkungan Pertama di Dunia

Ilustrasi Kereta Ramah Lingkungan, Foto : kaigainohannoublog.blog55.fc2.com

BorneOneTV – Kereta merupakan moda trasportasi yang sangat efektif mengangkut banyak penumpang dalam sekali jalan. Untuk mengoprasikannya biasanya bahan bakar diesel hingga tenaga listrik. Namun pernahkah kamumelihat listrik dengan tenaga yang berasal dari sinar matahari.

Inovasi moda transportasi menggunakan panel surya sebagai pembangkit tanaga listrik ini telah diterapkan di negara India. Sepintas tak ada yang berbeda dengan kereta bertenaga surya ini. Namun jika kamu melihat bagian atap dari gerbong kereta, kamu akan melihat 16 panel surya yang berfungsi sebagai sumber tenaga kereta ini.

Menurut The Economic Times, kereta ini menjadi kereta pertama di dunia yang dioprasikan menggunakan sinar matahari sebagai sumber tenaganya. Kereta ramah lingkungan ini juga dilengkapi dengan baterai raksasa untuk durasi 72 jam sebagai antisipasi sumber energi cadangan.

Tenaga surya yang dihasilkan dari panel surya tersebut akan digunakan untuk menghidupkan lampu di tiap gerbong kereta. Kereta ini melayani rute perjalanan antara Delhi serta Haryana. Namun dalam kurun waktu beberapa hari ke depan, pemerintah India berencana menambah jumlah gerbong kereta bertenaga surya hingga sebanyak 50 buah.

Penggunaan panel surya sebagai sumber tenaga dari perkeretaapian India ini dapat memberikan dampak positif baik itu dari segi perekonomian atapun lingkungan. Diperkirakan dalam kurun waktu 25 tahun kedepan, kereta ramah lingkungan ini dapat mengurangi emisi karbon dioksida sebesar 1.350 ton. (arah.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.