Makan Berami Digelar di Kampung Wisata Sentana

Jamuan makan Berami di Kampung Sentana, Kabupaten Sanggau. Foto : Heri Jabu

BorneOneTV – Untuk kesekian kalianya warga Kampung Wisata Santana di jalan Tanjung Sekayam, Kabupaten Sanggau mengadakan acara temu salam halal bihalal idul fitri dengan cara makan Berami khas Melayu di Kabupaten Sanggau.

Acara makan Berami disepanjang jalan tanjung sekayam ini dihadiri oleh Bupati Sanggau, Paolus Hadi SIP.MSI dan Pangeran Ratu Surya Negara, H.Gusti Arman serta unsur Forkopimda yang diarak warga keliling kampung untuk bersalaman dengan seluruh warga yang hadir.

Warga setempat tampak antusias meramaikan acara ini, setiap warga kampung santana ini membawa makanan dari rumah masing-masing untuk makan Berami (bersama) dengan orang nomor satu di Bumi Daranante.

Ketua Panitia, Abdila M Ali dalam sambutannya mengatakan sangat berterima kasih atas kehadiran Paolus Hadi yang telah sudi makan Berami dengan warga Kampung Sentana.

“Acara ini untuk kedua kalinya dilaksanakan setelah dijadikan kampung wisata oleh Pemerintah Daerah,” ungkapnya.

“Saya atas nama warga Tanjung Sekayam mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati yang telah mengubah kampung ini menjadi kampung wisata,banyak kemajuan yang kami rasakan baik infrastuktur maupun ekonomi,” ungkapnya.

Raja Sanggau, Drs. H.Gusti Arman,dalam kesempatan itu mengatakan sangat bangga dengan antusias warga Tanjung Sekayam yang mayoritas melayu.

“Kita harapkan kita semua berkumpul bersatu bersama berbagai suku dan agama. Mari kita tunjukan kita bhineka tunggal ika, yang rukun selalu,” ungkapnya.

“Dikesempatan ini, mungkin Idul Fitri kemarin kita tak bisa bertemu, di momen inilah kita bertemu salam, makan Berami ini adalah cirri khas melayu yang artinya bentuk bersyukur atas nikmat yang telah dilimpahkan,” ungkapnya.

Pangeran ratu juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati yang telah memperhatikan kampung ini menjadi kampung wisata.

“Sekarang sudah banyak wisatawan yang datang ke kampung ini untuk menikmati permainan air maupun permainan lainnya,” ungkapnya.

“Saya harap untuk semua warga, agar menjaga kampung ini, mari kita tonjolkan khas melayu dikampung ini agar para wisatawan lebih betah untuk mampir,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Sanggau, Paolus Hadi, S.IP, M.Si dalam sambutannya mengatakan merasa luar biasa bisa makan berami dengan semua warga tanjung sekayam.

“Saya lihat keindahan sungai sudah terlihat, ada sampan kano yang ada setiap hari, cuma ada satu hutang kami yang belum dipenihi yaitu jamban (WC) disungai kurang pas, masih kecil, semoga tahun depan jamban ini sudah besar, biar enak dilihat,” ujarnya.

Banyak kemajuan dikampung ini saya lihat sudah banyak kreatifitas warga untuk memajukan kampung wisata ini, yang seperti ini kita maukan, warganya mendukung program Pemerintah.

“Hal luar biasa dalam acara ini adalah inisiatif warga, mereka yang mengeluarkan uang, bawa makanan masing-masing kami datang tinggal makan, ini luar biasa. Saya mengucapkan terima kasih,” kata pria yang akrab di sapa PH ini. (Hery JB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.