Andalkan AI, Kaskus akan Gusur Para Plagiat

Chief Product Officer KASKUS Ardy Alam, dan Chief Marketing Officer KASKUS sekaligus Ketua Indonesian Digital Association (lDA) Ronny W. Sugiadha/arah.com/Helmi Shemi

BorneOneTV – Untuk meningkatkan konten-konten menarik yang ada di dalamnya, situs berbasis forum dan komunitas, Kaskus akan mengimplementasikan sebuah sistem bernama Machine Learning.

Sistem dengan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan ini secara bertahap hadir di forum ini dalam bentuk rekomendasi thread.

Bacaan Lainnya

Output dari sistem ini, menurut Chief Product Officer Kaskus Ardy Alam adalah mendeteksi berita atau konten yang sedang viral.

“Bisa dalam bentuk Hot Thread atau Top Thread. Jadi nanti ada laporan dari sistem mana (konten) yang lagi up,” kata Ardy di salah satu resto di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis 20 Juli 2017.

kArdy juga mengklaim, Machine Learning ini juga bisa untuk membunuh spam dan juga mendeteksi plagiarisme pada thread atau postingan yang dibuat oleh kaskuser.

“Bisa untuk bunuh spam, untuk cekin IP sejenis, konten enggak tepat, untuk rekomendasi artikel, seperti itu,” jelasnya.

Teknologi tersebut menurut Ardy memiliki peranan penting bagi Kaskus dalam mengembangkan produk yang dimilikinya guna memperbarui pengalaman yang nyaman bagi Kaskuser saat mengakses KASKUS.

Selain mengimplementasikan teknologi dalam produk yang dimiliki, Kaskus juga mendorong kemajuan teknologi di Indonesia yang ditunjukkan melalui dukungannya terhadap komunitas Indonesian Association for Computational Linguistics (INACL) maupun pengembangan software developer berbakat di event Financial Hackaton (Finhacks).

“Ketepatan dan kecepatan pengaplikasian teknologi Kaskus ini juga mendapatkan sorotan dari Google sehingga kami kemudian menjadi salah satu perusahaan Indonesia yang ditampilkan pada Google I/O selama 2 tahun berturut turut,” tutupnya. (Arah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.