Penggagas Kubu Raya Nilai Pengelolaan Anggaran Kubu Raya Belum Maksimal

Sujiwo, Ketua DPRD Kubu Raya. Foto : Kubu Raya Mandiri

BorneOneTV – Salah satu tokoh penggagas terbentuknya Kabupaten Kubu Raya, Sujiwo menilai anggaran daerah Kabupaten Kubu Raya saat ini belum dikelola secara maksimal oleh Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, sehingga tidak memenuhi azas manfaat, proritas dan azas keadilan.

“Sebenarnya Kubu Raya bisa lebih baik lagi, jika anggaranya  dikelola dengan sebaiknya, jangan sampai keluar dari semangat terbentuknya Kubu Raya,” ujar Sujiwo.

Menurut Sujiwo Kubu Raya terbentuk semangatnya adalah untuk memperpendek rentang kendali pelayanan publik, meningkatkan kesejahteraan rakyat dan memajukan pembangunan disemua sektor, sehingga pengelolaan keuangan Kabupaten yang bersumber dari rakyat harus dikelola dengan sebaik-baikya untuk kepentingan masyarakat Kubu Raya seluas-luasnya.

“Ini adalah uang rakyat, dan Pemerintah Kubu Raya khususnya Kepala Daerah hanya mendapatkan  mandat untuk  mengelolanya, untuk itu dalam pengelolaannya tentunya ada aturan dan ada landasan-landasannya, tidak boleh mengelolah anggaran serampangan dan semaunya saja,” ujar Sujiwo

Untuk itu Sujiwo berharap kedepannya Kubu Raya dapat bersaing dengan daerah-daerah lainya melalui pengelolaan anggaran dengan baik,  karena sejauh ini dalam pengelolaan anggaran kabupaten,  Pemerintah Kabupaten Kubu Raya tidak memperhatikan prinsip maupun azas penganggaran yakni  prinsip atau azas  manfaat, prioritas dan prinsip atau azas keadilan.

“Jika dalam pengelolaan anggaran belandaskan pada tiga prinsip atau azas tersebut, saya yakin anggaran itu tepat sasaran,” tuturnya.

Selain itu lanjut Sujiwo, karena mayoritas masyarakat Kubu Raya merupakan petani dan nelayan, maka ia juga berharap anggaran kedepannya anggaran untuk petani dan nelayan ini mendapatkan porsi yang lebih besar.

“Untuk sektor lainnya juga harus mengacu pada tiga prinsip dan azas itu, jika tiga azas itu sudah dijalankan dengan baik maka tidak akan terjadi kontra produktif di masyarakat,” tuturnya

Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya  ini menilai, selama 10 tahun Kubu Raya terbentuk, Kubu Raya tidak mengalami kemajuan yang signifikan justru mengalami kemunduran, meskipun cukup banyak prestasi yang sudah dicapai Pemerintah Daerah.

“Namun lebih banyak hal-hal yang belum dilakukan dan memperburuk Kubu Raya. Rakyat Kubu Raya sendiri bisa menilainya. Untuk itu saya memotivasi pemerintahan Kubu Raya saat ini, lakukan yang terbaik untuk rakyat,” pungkasnya (Fsl)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.