Baju Selam Ini Diklaim Bikin Pemakainya Aman Dari Serangan Hiu

Pakaian selam Shark Attack Mitigation System technology (SAMS) (Sky News)

BorneOneTV – Perusahaan di Australia telah mengembangkan pakaian selam yang diklaim bisa membuat pemakainya tidak terlihat atau begitu menjijikkan bagi predator laut hiu.

Tujuan dari pembuatan pakaian selam ini adalah untuk mencegah serangan hiu kepada para penyelam, perenang, dan peselancar, di wilayah pesisir yang dihuni oleh banyak hiu-hiu buas.

Perusahaan sudah mematenkan produk yang dinamai Shark Attack Mitigation System technology (SAMS) yang khusus dibuat untuk mengganggu indera dari ikan-ikan pembunuh, dilansir Sky News, pada Sabtu, 22 Juli 2017.

SAMS diciptakan oleh para ahli neurologi dan ahli perilaku hiu. Pakaian selam ini juga sudah diuji coba untuk memastikan sistem pengganggu indera hiu.

“Pembuatan pakaian selam ini berdasarkan ilmu pengetahuan dan penelitian-penelitian yang cukup lama,” kata Hamis Jolly, pencipta pakaian selam SAMS.

Dia menambahkan, teknologi ini menggabungkan banyak variabel dan elemen untuk mengetahui sistem sensorik tidak hanya pada hiu, tapi semua hewan buat yang ada di laut.

“Pakaian ini selam ini tidak hanya bisa digunakan oleh peselancar, tapi juga untuk para penyelam dan olah raga lainnya,” ujar Jolly.

Perusahaan sudah menguji coba pakaian selam ini dengan melakukan penyelaman di dekat hiu harimau besar.

“Hasil sangat luar biasa, dan kami sangat percaya diri melepas pakaian selam ini kepasaran. Tapi, kami akan tetap melakukan penelitian berkelanjutan untuk mengetahui tindakan hiu di masa depan,” ungkap Jolly.

Saat ini perusahaan sudah memiliki dua desain pakaian selam. Satu bercorak garis-garis warna hitam yang membuat pemakainya tidak akan dimakan oleh hiu.

Sementara yang satu lagi bercorak biru dan abu-abu, sehingga pemakaiannya akan tidak terlihat oleh hiu karena seperti meniru pola air laut. (arah.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.