Ditemukan Planet Biru Mirip Bumi Tapi Dihujani Kaca

Ilustrasi

BorneOneTV – Peneliti dari University of Exeter, Inggris, berhasil mengidentifikasikan sebuah planet yang berada di luar sistem Tata Surya.

Planet yang memiliki nama HD 189733b itu memiliki warna biru tua. Hampir mirip dengan warna Bumi ketika di lihat dari ruang angkasa, seperti dilansir laman ZeeNews, Sabtu (22/7).

Sayangnya, planet HD 189733b hanya memiliki kesamaan warna saja dengan Bumi. Planet yang memiliki jarak 63 tahun cahaya dari Bumi itu sangat tidak cocok untuk kehidupan karena memiliki cuaca yang sangat panas.

Tak hanya itu, planet tersebut juga sangat berbahaya bagi manusia lantaran hujannya bukan air, tapi berupa kaca-kaca kecil.

Menurut astronom NASA dan ESA, ketika pertama kali ditemukan oleh Teleskop Hubble Space, planet HD 189733b terlihat sangat menarik, karena memiliki warna biru tua.

Frederic Pont, peneliti dari University of Exeter, mengatakan langkah awal dari penelitian ini adalah melihat warna dasar dari planet tersebut. Tim kami mulai membayangkan bagaimana warna planet itu jika dilihat secara langsung.

“Selanjutnya kami mulai mengukur seberapa banyak sinar matahari yang dipantulkan ke permukaan planet. Itu bertujuan untuk menghitung warna-warna planet atau dikenal sebagai albedo,” kata Pont.

Hujan kaca

Dia menambahkan, warna planet yang biru tua berasal dari pantulan lautan tropis, seperti kejadian di Bumi. Tapi, atmosfer di planet itu dipenuhi oleh partikel-partikel silikat.

“Mungkin itu yang menyebabkan Planet HD 189733b memiliki hujan kaca, sehingga memantulkan cahaya biru,” ujar Pont.

Saat ini tim peneliti masih kesulitan untuk mengetahui secara pasti apa yang menyebabkan atmosfer di Planet HD 189733b dipenuhi oleh partikel silikat, terlebih karena planet itu berada di luar sistem Tata Surya. (Arah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.