Peru Buat Tembok Pemisah Antara Kota Kaya dan Kota Miskin

Tembok pemisah kota kaya dan kota miskin di Peru (Oxfam America)

BorneOneTV – Pemandangan unik ada di Ibu Kota Lima, Peru. Di sana ada tembok yang sangat panjang yang memisahkan kawasan kota orang kaya dan kota orang miskin.

Rupanya, tembok itu dibangun guna kaum miskin tidak mencuri harta milik orang kaya. Dinding yang dijuluki ‘Tembok Berlinnya Peru’ itu dinilai sangat memalukan dan merendahkan kaum miskin.

Seperti dilansir Daily Mail, tembok itu memisahkan kawasan San Juan de Miraflores dan Surco, yang terbentang dan memisahkan kawasan perkotaan tempat tinggal orang kaya Las Casuarinas dan kawasan kumuh orang miskin bernama Vista Hermosa.

Tembok yang membentang 10 km dan punya tinggi 3 meter itu terdapat pula kawat berduri yang membuat orang sulit untuk menyeberanginya. Berbanding jauh, Wilayah San Juan de Miraflores penuh dengan perumahan yang tertata rapi, bertingkat dan mewah. Sebaliknya, di wilayah Surco begitu kumuh, penuh sampah dan gersang.

Untuk membela orang tak berada di sana, aksi protes masyarakat ditunjukan dengan mengecat tembok berisikan mural dan tulisan-tulisan kecaman. Namun, angka kriminalitas di Kota Lima memang tergolong tinggi. 30 persen dari 30 juta penduduknya, pernah menjadi korban kejahatan. Maka tak heran, jika orang-orang kaya di San Juan de Miraflores membangun tembok demi keamanan mereka. (Arah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.