Hasil Penelitian: Memandang Ikan di Aquarium Itu Menyehatkan

Ilustrasi Ikan di Aquarium. Foto : seruni.id

BorneOneTV – Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat, namun ternyata, hanya dengan memandangi ikan di dalam aquarium, kamu juga dapat meningkatkan kesehatan Lho.

Dilansir dari Lifehack, Sebuah studi yang dilakukan di Plymouth, Inggris, menemukan bahwa kebanyakan orang akan merasa lebih positif dan menjadi lebih santai setelah melihat ikan di National Marine Aquarium. Penelitian tersebut juga mencatat bahwa menonton ikan di aquarium bisa menurunkan tekanan darah dan denyut jantung.

Untuk mengetahui benar tidaknya temuan ini, para ilmuwan sengaja membuat pameran ikan di National Marine Aquarium dengan tiga buah akuarium yang berbeda. Akuarium pertama didesain dengan dekorasi buatan dan air laut, akuarium kedua dengan tangki air setengah penuh, dan ketiga dengan tangki penuh. Tujuan semua ini untuk melihat apakah pengunjung mengalami dampak yang lebih besar ketika melihat tangki yang penuh daripada yang setengah penuh.

Setelah itu, para peneliti dapat melihat bahwa peningkatan jumlah biota ternyata juga berdampak pada semakin lamanya pengunjung melihat ikan. Hal itu juga berhubungan dengan penurunan denyut jantung yang lebih besar. Tak hanya itu, suasana hati para pengunjung juga lebih baik apabila pernak-pernik di dalam akuarium lebih banyak.

Penelitian di National Marine Aquarium ini bukanlah kali pertama, sebelumnya para ilmuwan sudah meneliti hal ini di tempat praktik dokter gigi. Saat itu, para dokter sengaja menempatkan akuarium kecil di ruang tunggu dengan maksud mengurangi ketakutan pengunjung  yang akan memeriksakan giginya.

“Studi ini memberikan bukti kuat bahwa keberadaan air benar-benar berdampak positif pada kesejahteraan manusia,” ujar Deborah Cracknell, kepala penelitian studi tersebut. Para ilmuwan juga menyarankan bahwa temuan ini bisa dimanfaatkan pula pada lingkungan perawatan kesehatan dan lingkungan kerja.

Bagi kamu yang terlalu sibuk sampai tidak sempat berolahraga, mungkin memandang ikan di dalam aquarium bisa menjadi pilihan, tapi tetap olahraga jangan ditinggalkan. (arah.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.