KPUD Kubu Raya Mulai Persiapkan Pemilukada Tahun 2018

Ilustrasi Pemilukada 2018. Foto : jejakrekam.com

BorneOneTV – Ditahun 2018 mendatang Komisi Pemilihan Umum (KPU) di masing-masing daerah termasuk di Kabupaten Kubu Raya telah menetapkan tahapan-tahapan proses Pemilukada serentak, sesuai dengan ketetapan yang telah di undang-undangkan KPU RI tanggal 9 juni 2017.

Ketua KPU Kubu Raya, Gustiar mengungkapkan, bahwa berbagai persiapan menyambut pemilihan umum kepala daerah secara serentak, telah di lakukan KPU  di masing-masing daerah, termasuk KPU Kubu Raya, sesuai tahapan yang ada.

“Pengumuman pendaftaran pasangan calon setelah di lakukan verifikasi data itu akan di umumkan pada tanggal 1 sampai 7 januari 2018, dan untuk pendaftaran pasangan calon yang di nyatakan lulus verifikasi,  itu hanya diberi waktu tiga hari untuk mendaftar,  yaitu di mulai dari tanggal 8 sampai 10 januari 2018,” ujar Gustiar

Gustiar memaparkan, setelah proses pendaftaran pasangan calon selesai, maka  tahapan selanjutnya adalah masa kampanye masing-masing pasangan calon, yang di mulai dari tanggal 15 Februari sampai 23 Juni 2018,  sedangkan pemungutan suara akan di laksanakan pada tangal 27 juni 2018 serentak dimasing-masing TPS yang ada.

“Selesai proses pemungutan suara di lakukan, selanjutnya akan di lakukan pungutan perhitungan suara di tingkat TPS, sampai pada pleno di tingkat PPK dan KPU serta evaluasi untuk perhitungan suara itu akan dilakukan pada bulan juli 2018,” jelasnya

Gustiar menambahkan, untuk penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati nantinya, menunggu keputusan dari Mahkamah Konstitusi,  jika terjadi sengketa Pemilu nantinya. Kendati tahapan-tahapan Pemilukada secara global telah di tetapkan oleh KPU RI,  namun proses Pemilukada ini juga menjadi atensi bersama seluruh masyarakat, khususnya pasangan yang akan bertarung nantinya.

“Kami harap masyarakat terutama simpatisan masing-masing calon untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pemilukada berlangsung, sehingga apa yang di harapkan dapat terwujud,” pungkasnya. (fsl)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.