Membangun Sinergitas Lantamal XII Dalam Menjaga Keamanan Perairan Kalbar

Silaturahmi masyarakat maritim Kalimantan Barat bersama Danlatamal XII Pontianak dan Danguskamlabar. Foto : Putra Kudus

BorneOneTV – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut  (Danlantamal)  XII Pontianak, Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI (Mar) Endi Supardi menyambut  kedatangan Komandan Gugus Keamanan Laut Armada RI Kawasan Barat (Danguskamlabar),  Laksamana Pertama TNI Bambang Irwanto, M. Tr (Han) bersama para unsur maritim yang  ada di Kalimantan Barat di Markas Komando (Mako) Lantamal XII Pontianak, pada rabu 26 Juli 2017.

Danlantamal XII Pontianak, Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi menyampaikan, bahwa kegiatan yang diselenggarakan ini memiliki makna penting dalam menyamakan persepsi keamanan laut serta membangun sinergitas antara TNI Angkatan Laut, Pemerintah Daerah, stake holder maritim dan para pengguna laut ataupun perairan, terlebih lagi Kalimantan Barat yang terkenal dengan julukan “Provinsi seribu sungai”.

“Dengan situasi keamanan laut di kalbar yang cukup kondusif, bisa menjadikan Kalbar berpeluang besar untuk mengembangkan potensi ekonomi melalui pembangunan yang berbasis kemaritiman yang selaras dengan kebijakan Jokowi- Jk dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia”, Ungkap Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, Rabu 26 Juli 2017.

Untuk itu, sangatlah tepat apabila melalui forum pertemuan ini, bisa saling bertukar ilmu dan pengalaman dilapangan sehingga kita dapat mengimplementasikan kerjasama yang saling menguntungkan melalui koordinasi dan komunikasi yang intensif serta mengedepankan kepentingan umum diatas kepentingan ego sektoral masing-masing.

“Prinsip yang harus kita pegang bahwa upaya mewujudkan situasi keamanan laut dan perairan Kalimantan Barat adalah menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama”,  tegasnya.

Sementara itu, Danguskamla Armabar Laksamana Pertama TNI Bambang Irwanto, M. Tr (Han) beserta jajaran Guskamla Armabar menyelenggarakan beberapa fungsi antara lain seperti melaksanakan pengamatan secara terus menerus untuk memonitor situasi dan kondisi serta kejadian laut di perairan Indonesia kawasan barat.

“Kegiatan ini juga melaksanakan pengumpulan dan pengolahan serta penyajian informasi yang diperlukan dalam mendukung komando dan pengendalian kegiatan operasi pengamanan laut di wilayah Indonesia kawasan barat, membantu pelaksanaan komando dan pengendalian serta kontrol terhadap unsur-unsur operasi dan pangkalan yang berada dalam kewenangan Guskamla Armabar”, ujarnya.

Selain itu Danguskamla Armabar membina seluruh materi yang diperlukan dalam menjamin kemampuan, kesiapan dan kesiagaan Pusat Komando dan Pengendalian (Puskodal) Guskamla Armabar dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, para  Forkopimda Kalbar, Kepala BNN Kalbar, Kajati Kalbar, Kepala Imigrasi Pontianak, Kepala KPBC Pontianak, PSDKP Pontianak, DKP Prov. Kalbar, KSOP Pontianak, Kepala Stasiun BDKP Pontianak, Basarnas, Distrik Navigasi Pontianak, dan para tamu lainnya. (Putra Kudus)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.