PBNU Segera Bentuk Komite untuk Palestina

Dok. Presiden Joko Widodo bertemu dengan sejumlah ulama di gedung Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU) pada Senin (7/11). Dalam pertemuan ini, Presiden didampingi oleh Mensesneg Pratikno. Sedangkan dari kalangan ulama, hadir Ketua Umum PB NU, KH Said Aqil Siradj; Sekjen PB NU, A. Helmy Faishal Zaini; dan juga Ketua Umum MUI, KH Ma'ruf Amin. (Foto: istimewa)

BorneOneTV – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) segera membentuk Komite Kemanusiaan dan Kemerdekaan Palestina (K3P) PBNU guna menangani krisis kemanusiaan di negara tersebut.

Tugas K3P ini selain memperjuangkan keselamatan dan hak rakyat Palestina, juga menggalang solidaritas dunia untuk bersama-sama memperjuangkan kemerdekaan Palestina, kata Sekretaris Jenderal PBNU Helmy Faishal Zaini dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Rabu 26 Juli 2017.

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan komite itu merupakan tindak lanjut amanat Muktamar ke-33 NU di Jombang 2015, Jawa Timur. Helmy menolak keras jika ada pihak yang menganggap bahwa yang terjadi di Palestina adalah konflik agama semata.

Dia mengatakan PBNU berharap negara-negara yang tergabung dalam keanggotaan tetap dewan keamanan PBB seperti Prancis, Britania Raya, Amerika dan Rusia untuk secepatnya memberikan perlindungan bagi rakyat Palestina.

Menurut dia, tindakan protektif terhadap Palestina penting dilakukan untuk menepis isu keberpihakan PBB selama ini yang cenderung mengabaikan Palestina.

“Kami memandang apa yang terjadi di Palestina adalah krisis kemanusiaan. Maka yang digalang komite ini bukan hanya sebatas ukhuwah Islamiyah tapi lebih dari itu adalah ukhuwah insaniyah, persaudaraan kemanusiaan,” kata Helmy. (Arah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.