Kapan Indonesia Nikmati 5G? Ini Prediksinya

Ilustrasi Jaringan 5G (Foto:Istimewa)

BorneOneTV – Secara global, teknologi 5G bakal populer di tahun 2020. Jaringan generasi ke-5 itu menawarkan kecepatan koneksi yang jauh lebih cepat dari 4G LTE.

Lalu kapan Indonesia siap menerapkan teknologi 5G?

Direktur Strategi & Pemasaran TIK Nasional Huawei Indonesia Mohamad Rosidi mengatakan teknologi 5G perlu infrastruktur yang kuat.

“Indonesia perlu waktu, infrastruktur yang sudah kuat. Kita berbicara inovasi, regulasi dan kolaborasi,” kata Rosidi, ditemui di Diskusi Teknologi Masa Depan 5G, di Jakarta, Selasa 25 Juli 2017 lalu.

Dia memperkirakan meskipun tersedia secara global mulai 2020, Indonesia akan mendapatkan 5G lebih lama karena perlu menyiapkan infrastruktur serta ekosistem

Seperti diketahui, beberapa perusahaan telekomunikasi di Indonesia sudah melakukan uji jaringan 5G untuk menyiapkan teknologi tersebut di Indonesia.

XL Axiata pada April lalu bekerja sama dengan Ericsson Indonesia menguji coba jaringan 5G di luar ruangan.

Berbagai persiapan yang sudah dilakukan XL Axiata, sebagai bagian dari tahapan untuk mengimplementasikan teknologi 5G, di antaranya spektrum, core, perluasan jaringan optik ke seluruh wilayah Indonesia.

Sedangkan Mei lalu, Telkomsel dan Huawei Indonesia mengadakan uji coba jaringan 5G di dalam ruangan dan mampu menghasilan kecepatan hingga 70 Gbps. (arah.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.