Ditemukan Ekor Dinosaurus Sepanjang 5 Meter, Dari Jenis Apa?

Penemuan fosil dinosaurus di Meksiko. Foto : Reuters

BorneOneTV – Arkeolog dari National Institute for Anthropology and History (INAH), Meksiko, berhasil menemukan sisa-sisa fosil ekor dinosaurus yang berusia 72 juta tahun lalu, di kawasan padang pasir di Meksiko Utara, tepatnya di perbatasan negara bagian Coahuila dan Meksiko.

Peneliti yang terdiri dari para ahli palentologi dan mahasiswa ini mengidentifikan bahwa siempunya ekor adalah dinosaurus hadrosaur, atau dinosaurus berparuh bebek, seperti dilansir Reuters, Sabtu 29 Juli 2017.

Panjang fosil ekor yang ditemukan sekitar 5 meter, yang terdiri dari 50 tulang ekor utuh dan tulang pinggul. Perlu waktu 20 hari untuk mengangkat keseluruhan tulang ekor ini dari permukaan tanah.

Menurut Francisco Aguilar, Direktur INAH, penemuan tulang ekor ini adalah yang pertama kalinya di Meksiko.

“Selain itu, kami juga baru pertama kali menemukan fosil ekor yang utuh dalam satu bagian. Biasa fosil-fosil itu sudah tercecer di beberapa tempat,” kata Aguilar.

Dia menambahkan, penemuan dinosaurus berekor sangat jarang terjadi. Tapi, penemuan baru ini telah memberu pengetahuan baru dari kelaurga dinosaurus hadrosaur.

“Fosil tulang-tulang ekor ini akan kami kirim ke pusat kota General Cepada untuk dibersihkan dan dilakukan penelitian lebih lanjut,” ujar Aguilar.

Menurut catatan sejarah, selama periode Creataceous sekitar 65 juta tahun lalu. Di negara bagian Coahuila, Meksiko, memang terkenal sebagai daerah yang ditinggal oleh bermacam-macam dinosaurus.

“Tempat ini adalah surga bagi para paleontolog untuk menggali sisa-sisa dinosaurus yang hidup di darat maupun di laut,” tutup Aguilar. (arah.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.