DPRD Sanggau Soroti Perbatasan

Eko Agus Permadi, anggota DPRD Sanggau. Foto : Heri Jabu

BorneOneTV – Eko Agus Permadi, anggota DPRD Sanggau Dapil IV kepada borneonetv mengatakan, bahwa pembangunan di perbatasan seperti wilayah perbatasan Entikong harus terus digencarkan. Menurutnya, karena wilayah perbatasan dinilai rentan terhadap masuknya berbagai ideologi, politik, ekonomi dan sosial budaya.

“Wilayah perbatasan merupakan garda terdepan bagi pertahanan dan keamanan Negara. Karena merupakan wlayah yang langsung berhadapan dengan negara luar. Sehingga memberikan dampak kepada kedaulatan dan harga diri bangsa,” ungkap pria yang akrap disapa bang Didi ini.

Ketua DPD PAN Sanggau ini menambahkan, penanganan dan pembangunan wilayah perbatasan perlu dilakukan secara komprehensif berdasarkan kajian yang benar agar berdampak positif terhadap pertumbuhan perekonomian masyarakat perbatasan dan nasional, dengan melakukan pendekatan kesejahteraan dan juga melakukan pendekatan keamanan.

“Keseriusan serta komitmen dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah sangat diperlukan, untuk menjadikan wilayah perbatasan sebagai garda terdepan bangsa,” sambungnya.

Sementara itu, isu-isu perbatasan sering menarik perhatian masyarakat. Karena peristiwa yang terjadi memiliki dampak politis yang besar dan menimbulkan sentimen kebangsaan. Tak hanya itu, alasan lainnya adalah kawasan perbatasan memiliki nilai strategis dari sudut pandang pertahanan dan keamanan,” jelasnya.(Hery JB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.