Selama 31 Tahun, Nenek Ini Perangi Rasisme Seorang Diri

Irmela Mensah Schram, Nenek asal Jerman ini sudah 31 tahun memerangi rasis. Foto : arah.com

BorneOneTV – Irmela Mensah Schram, Nenek asal Jerman ini sudah 31 tahun memerangi rasis dengan cara menghapus coretan kebencian dan rasis yang dituliskan orang-orang tak bertanggung jawab di jalanan.

Hal tersebut ia lakukan, agar setiap orang tak pernah menaruh kebencian atau perselisihan agar terciptanya dunia yang aman, karena tak ingin peperangan besar kembali terjadi lagi.

Dengan hanya berbekal pisau kecil dan cat warna sederhana, nenek Imerla menghapus setiap coretan yang tak pantas di dinding atau aspal jalan raya di seluruh kota di Jerman. Umumnya, coretan-coretan yang akan dihapus oleh nenek Imerla adalah coretan mengenai kebencian terhadap propaganda Nazi.

Bagi banyak orang, nenek ini adalah pahlawan yang melawan kebencian, sementara beberapa orang menganggap tindakannya melanggar kebebasan berbicara, dan bahkan pejabat negara memiliki perasaan campur aduk tentang dirinya.

Dia telah menerima beberapa penghargaan untuk usaha jangka panjangnya untuk mencegah propaganda kebencian di jalanan, namun dia juga telah didenda dan bahkan dibawa ke pengadilan karena merusak properti orang lain.

“Beberapa orang mengatakan aku tidak bertoleransi terhadap mereka, aku tidak menghormati toleransi, tidak menghargai hak kebebasan berbicara dan berpendapat. Tapi aku ingin semua orang tahu, kebebasan berbicara juga punya batasan. Jangan sampai kebebasan berbicara tersebut berujung pada berkobarnya kebencian, perselisihan dan permusuhan. Bukankah sebaiknya kita semua menciptakan kedamaian?” tutur nenek yang berusia 72 tahun, dikutip dari Odditycentral.

Irmela Mensah-Schram sekarang memiliki koleksi ribuan stiker dan poster yang telah dihapusnya dalam 3 dekade yang dihabiskan untuk menghapus kebencian, yang kadang-kadang dipamerkan di museum-museum di Jerman. (arah.com)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.