Seperti Apa Fungsi Smartphone 50 Tahun Lagi?

BorneOneTV-  Smartphone atau ponsel pintar terus mengalami perkembangan teknologi, baik itu dari sisi inovasi terbaru sampai bentuk desainnya.

Saat ini, sudah ada ponsel yang berbentuk melengkung dan bukan tidak mungkin di masa depan ponsel akan bisa dilipat.

Berikut peran ponsel dalam waktu 50 tahun ke depan, dilansir Gizmopod, Minggu 30 Juli 2017.

1. Ponsel akan diimplan ke bagian tubuh

Pada tahun 2064, ada berbagai operasi untuk memasukkan perangkat ponsel ke bagian tubuh manusia. Beberapa contohnya adalah ponsel ditanamkan di tulang belakang kepala, sehingga mampu menelpon tanpa harus memegang ponsel.

Lalu, kamera akan ditanamkan di bola mata. Sehingga memungkinkan untuk mengambil gambar dan video hanya dengan menggedipkan kelopak mata.

Kemudian, alat RFID (Radio Frequency Identification) pengirim dan penerima data akan ditanamkan di ujung jari. Ini memungkinkan menggunakan kartu kredit hanya dengan menempelkan jari atau menerima kontak dari seorang rekan bisnis hanya dengan berjabat tangan.

2. Ponsel akan memiliki kemampuan Augmented Reality

Konsep ponsel yang memiliki fitur augmented reality (AR) mirip dengan Google Glass. Tapi, perangkat ponsel ini akan ditanamkan di bola mata penggunanya. Sehingga memungkin seseorang mendapat sesuatu informasi dari melihat sebuah benda.

Teknologi ponsel berfitur AR ini juga dapat digunakan sebagai GPS ketika sedang mengendarai mobil. Hanya dengan melihat jalan, kamu akan mendapat informasi tentang posisi, berapa kecepatan mobil, berapa batas kecepatan mobil di jalan tersebut, dan lainnya.

3. Ponsel akan memuat aplikasi pengontrol otak

Di tahun 2014 telah mengetahui adanya chip yang ditanam untuk mengontrol gerakan sebuah robot. Tapi, pada tahun 2064, kamu akan memiliki sebuah neurotransmitter yang melekat pada kepala dan berfungsi untuk menerima dan mengirim sinyal ke otak.

Saat ini, beberapa produsen ponsel dan software sedang berencana menciptakan sebuah alat berbentuk aplikasi yang mampu mengontrol otak. Bayangkan, dengan aplikasi ini Anda bisa mengubah stasiun radio hanya dengan berpikir.

Teknologi ini memang agak menakutkan. Tapi, beberapa ilmuwan sedang mengembangkan cara untuk menjadikan otak sebagai harddrive. Tindakan itu memungkinkan kamu berbagi kenangan masa lalu layaknya file komputer dan mengunduh informasi dari internet dan memasukkan ke otak Anda.

4. Ponsel akan menggunakan baterai tenaga manusia

Di masa depan teknologi kabel untuk menambah daya ke baterai ponsel telah menjadi suatu yang usang atau kuno. Selama ini, ponsel memang menggunakan kekuatan listrik, tapi di masa depan energi listrik akan menjadi suatu yang langka.

Oleh karena itu, sekarang para peneliti sedang mengembangkan cara untuk menangkap energi yang dipancarkan oleh tubuh manusia dan digunakan untuk menambah daya pada ponsel.

5. Ponsel akan menampilkan konten berbentuk hologram

Di masa depan, ponsel akan memiliki kemampuan untuk menampilkan data dan bentuk media digital hologram. Fitur hologram ini akan memudahkan penggunanya ketika menunjukkan data-data yang disimpan di ponsel.

Bisa dibayangkan, di masa depan Anda akan melihat sebuah gambar dan video dalam bentuk hologram. (arah.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.