10 Tahun Tak Tersentuh Pembangunan, Jalan Poros Desa Rusak Parah

Jalan Poros Desa Ambangah yang rusak parah, karena sudah 10 tahun tak tersentuh pembangunan. Foto : Faisal

BorneOneTV – Selama sepuluh tahun jalan poros yang berada di Desa Sungai Ambangah, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, mengalami kerusakan yang cukup parah, bahkan jalan poros tersebut selama sepuluh tahun tidak pernah diperhatikan oleh pemerintah setempat.

Saprani (48) salah seorang warga setempat mengatakan bahwa jalan poros yang ada ini kerusakannya semakin parah, karena selama sepuluh tahun   jalan poros yang merupakan akses masyarakat di desa ini tidak pernah tersentuh oleh perbaikan maupun program pembangunan dari pemerintah daerah setempat.

“Sudah 10 tahun, jalan di desa kami ini mengalami kerusakan dan kondisinya semakin parah saja,”  ujar Saprani saat ditemui BorneOneTV di Sungai Ambangah, Senin 31 Juli 2017.

Lebih lanjut Saprani mengatakan bahwa, warga sudah sering mengeluh akan kondisi jalan yang rusak parah ini, tapi tidak ada respon, sehingga masyarakat mengganggap bahwa Pemkab Kubu Raya tebang  pilih dalam melakukan pembangunan infrastruktur terutama jalan poros, pasalnya banyak pembangunan itu di kerjakan di daerah  yang tidak terlalu dibutuhkan masyarakat bahkan dibangun di daerah yang tidak ada penduduknya.

“Jalan poros yang ada ini merupakan akses utama warga yang ada disini, namun kenyataannya selama sepuluh tahun sama sekali tidak tersentuh perbaikan atau pembangunan dalam bentuk apapun. Seharusnya pemerintah dapat mendahulukan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat dan bukan membangun jalan baru yang tidak memiliki manfaat sama sekali,” kesal Saprani.

Sementara itu, Firmansyah (28) warga lainnya, mengatakan bahwa  memang sudah cukup lama jalan menuju ke Desa Sungai Ambangah ini mengalami kerusakan yang cukup parah, sehingga banyak yang telah menjadi korban kecelakaan ketika melewati jalan ini, apalagi jika malam hari, kondisinya sangat gelap karena minimnya penerangan jalan yang ada.

“Pemkab Kubu Raya memang tebang pilih, karena jika dibandingkan dengan daerah lainnya jauh sekali, meskipun Desa Kami berada di Kecamatan Sungai Raya namun kami merasa terisolir dengan kondisi jalan yang sudah berpuluh-puluh tahun tidak kunjung diperbaiki,”ujarnya.

Firmansyah juga mengatakan bahwa akibat jalan yang semakin rusak parah ini, warga yang ingin pergi kekota terpaksa harus melalui penyeberangan dengan motor kelotok, tapi itupun tetap melalui jalan yang rusak tersebut.

“Parahnya lagi jika ada warga yang sakit, dengan kondisi jalan seperti ini tentu sangat membahayakan,” katanya

Bupati Kubu Raya, H. Rusman Ali maupun Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya, Bambang Ganefo Putra pernah berkunjung ke Desa ini, dan sebagian warga yang ada telah menyampaikan keluhan mereka mengenai kondisi jalan yang semakin rusak ini, namun baik Bupati Kubu Raya maupun Ketua DPRD memberikan jawaban, bahwa untuk pembangunan jalan di Desa ini belum mendapat giliran untuk pembangunannya.
“Tapi kenyataannya apa, masa’ sudah sepuluh tahun ini belum juga dapat giliran untuk dibangun dan pertanyaannya sampai kapan kami harus menunggu untuk itu,” tegas Firmansyah. (fsl)

Galat basis data WordPress: [Incorrect key file for table './username_wp280/wprd_comments.MYI'; try to repair it]
SELECT SQL_CALC_FOUND_ROWS wprd_comments.comment_ID FROM wprd_comments WHERE ( comment_approved = '1' ) AND comment_post_ID = 5012 AND comment_parent = 0 ORDER BY wprd_comments.comment_date_gmt ASC, wprd_comments.comment_ID ASC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.