Tangkal Hoax, Polresta Pontianak Bentuk Tim Medsos

Waka Polresta Pontianak Kota, AKBP Andi Herindra

BorneOneTV – Guna menyikapi meraknya penyebaran ujaran kebencian, berita hoax,  ujaran berbau SARA yang diunggah melalui berbagai media sosial, Polresta Pontianak membantuk Tim Media Sosial (Medsos) guna menanggulangi masalah tersebut.

Waka Polresta Pontianak Kota, AKBP Andi Herindra mengungkapkan Tim Cyber khusus ini akan memonitor masyarakat yang menggunakan akun yang tidak sesuai peruntukannya.

Bacaan Lainnya

“Dibentuknya  Tim Medsos ini supaya berita- berita hoax dan ujaran kebencian bisa dikontrol,” katanya Selasa 1 Agustus 2017.

Masyarakat, lanjut dia,  harus bijaksana dalam menggunakan Medsos. Jika nantinya terpenuhi unsurnya dan melanggar UU IT, maka akan ada sangsi hukumnya.

“Di Bareskrim Mabes Polri sendiri juga sudah ada direktorat Cyber Crime. Karena memang perkembangan teknologi media sosial tidak bisa dipungkiri perannya sangat dominan,” tuturnya.

“Apalagi fenomena ini bisa  mempengaruhi pola pikir orang dan kalau dibiarkan akan menjadi budaya,” sambungnya.

Ia menegaskan, keberadaan Tim Medsos ini bukan untuk mengekang kebebasan para pengguna media sosial.

“Jadi masyarakat jangan main-main, yang memberitakan berita bohong, hoax, ujaran kebencian semuanya ada aturan hukumnya, tidak boleh menggunakan medsos tidak proporsional,” tegas dia.

Mantan Kapolres Krawang Jawa Barat ini menambahkan, ada tiga perintah Kapolri. Perintah tersebut berupa, melakukan reformasi dibidang kinerja, reformasi kultural dan manajemen media. (Bagas)

Galat basis data WordPress: [Incorrect key file for table './username_wp280/wprd_comments.MYI'; try to repair it]
SELECT SQL_CALC_FOUND_ROWS wprd_comments.comment_ID FROM wprd_comments WHERE ( comment_approved = '1' ) AND comment_post_ID = 5120 AND comment_parent = 0 ORDER BY wprd_comments.comment_date_gmt ASC, wprd_comments.comment_ID ASC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.