Akhirnya, 143 Penipu Online Asal China Dideportasi

BorneOneTV –  Sebanyak 143 Warga Negara Asing (WNA) asal China dideportasi ke negara asalnya, Kamis pagi (3/8/2017). Serah terima WNA itu dilakukan antara Polda Metro Jaya dengan pihak Kepolisian China di Mapolres Bandara Soekarno-Hatta.

Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Didik Sugiharto mengatakan, pihak kepolisian memulangkan para WNA secara bertahap menggunakan dua pesawat, yakni China Eastern MU7021 dan China Southern CZ8683.

Para WNA yang menumpang pesawat Eastern MU7021 dilakukan pada pukul 12.00 WIB. Sedangkan para WNA yang ditampung di China Southern CZ8683 akan diterbangkan pada pukul 14.00 WIB.

“Mereka dikirim menggunakan dua penerbangan, penerbangan pertama dan penerbangan kedua,” kata Didik di Polres Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Seluruh WNA awalnya diamankan di Aula Sabara Polda Metro Jaya dan dibagi atas lokasi penangkapannya.

Didik mengatakan, nantinya polisi juga akan bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM dan Kepolisian Tiongkok untuk mendeportasi para pelaku.

“Kami dari kepolisian melakukan pengawalan sampai bandara dan saat ini sedang dilakukan proses deportasi oleh pihak imigrasi koordinasi dengan pihak-pihak terkait,” jelasnya.

Untuk diketahui, 143 WNA asal China ditangkap di tiga kota berbeda di Indonesia, yakni Bali, Surabaya, dan Jakarta karena kejahatan penipuan online.

Modus penipuan dilakukan dengan cara menghubungi para korban yakni pejabat yang memiliki sejumlah kasus dan mengancam dengan berpura-pura sebagai aparat penegak hukum. Mereka ada yang berpura-pura sebagai polisi, jaksa atau petugas bank. Kemudian mereka mengatakan kepada korban, bahwa si korban sedang diselidiki karena terkait kasus pidana.

Selama melakukan aksi kejahatan siber di Indonesia, mereka sudah meraup keuntungan sekitar Rp6 Triliun. (Shemi/arah.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.