Antisipasi Dampak Kabut Asap Bagi Kesehatan Lasmura Bagikan 1000 Masker

Pengurus Lasmura turun disejumlah ruas jalan di Bundaran Digulis Untan untuk membagikan 1000 masker kepada pengendara. Foto : Dody

BorneOneTV – Dalam rangka untuk mengantisipasi dampak  bencana Kabut asap yang  berbahaya bagi kesehatan,  DPD Laskar Muda Hanura (Lasmura) Kalbar membagikan 1.000 buah masker ke sejumlah pengendara motor maupun mobil yang melintas melalui jalan Ayani di Bundaran Digulis Untan, Pontianak pada Sabtu sore, 05 Agustus 2017 sekitar pukul 16.00 wib.

Puluhan anggota DPD Lasmura Kalbar menyebar di 4 (empat) titik ruas Jalan diseputaran Tugu Digulis untuk membagikan masker ke para pengendara motor maupun mobil.

Kegiatan peduli bencana asap ini dipimping langsung oleh Sekretaris DPD Lasmura Kalbar, Ryan Arianda.

Dalam kegiatan itu Ryan Arianda mengatakan kepada BorneOneTV bahwa Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Lasmura terhadap masyarakat, khususnya di Pontianak, karena dampak kabut asap ini sangat berbahaya bagi kesehatan, mengingat intensitas dan ketebalan kabut asap semakin meningkat.

Menurut Ryan, dalam kondisi seperti ini kita semua yang ada di Kalimantan Barat khususnya di kota Pontianak baik anak-anak sampai dewasa dalam menjalankan aktivitasnya  sangat membutuhkan masker, agar dapat terhindar dari akibat buruknya kabut asap yang membahayakan bagi kesehatan.

“Saya sebagai anggota Lasmura berharap agar bantuan yang diberikan ini, dapat bermanfaat untuk masyarakat,” ucapnya.

DPD Lasmura Kalbar, melalui Ryan, Sekretarisnya juga mengingatkan kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam berkendara dalam situasi bencana kabut asap seperti ini. Pasalnya jarak pandang menjadi sangat terbatas. Cara yang bisa dilakukan adalah mengurangi kecepatan kendaraan dan menghidupkan lampu kendaraan, baik pada siang hari, apalagi malam hari.

Ryan pun sangat menyesalkan masih maraknya pembakaran lahan di Kalbar. Karena hal ini dinilai sangat merugikan Masyarakat yang terkena dampak langsung dari kabut asap akibat maraknya pembakaran lahan di wilayah Kalimantan Barat.

“DPD Lasmura Kalbar turut prihatin atas musibah kabut asap yang dirasakan oleh Masyarakat Kalimantan Barat secara umum dan wilayah Pontianak khususnya,” tegas Ryan

Tidak hanya pada kesehatan, Ryan mengatakan bahwa kabut asap yang terjadi berpotensi berimbas pada ekonomi Pontianak, dan Kalbar. Masyarakat menjadi takut untuk keluar rumah dan beraktivitas normal lantaran kabut asap. Apabila kabut asap masih berlarut-larut, maka transportasi penerbangan di Kalbar pun terancam tak beroperasi.

“Seperti beberapa tahun lalu, penerbangan kita sampai lumpuh akibat dari bencana  kabut asap yang melanda ini,” tukas Ryan.

Laskar Muda Hanura yang terbentuk pada Maret tahun ini, merupakan organisasi sayap Partai Hanura yang aktif diberbagai kegiatan politik, sosial dan lainnya. Tujuan gerakan ini adalah untuk membentuk generasi muda yang lebih peduli. Wujudnya adalah program-program dalam berbagai kegiatan sosial. Selain itu kelompok ini didirikan untuk mengedukasi kaum muda agar lebih melek politik. “Intinya mengadakan ide-ide untuk sosial, seperti program bencana dan program sosial lainnya,” ucapnya.

Dalam waktu dekat akan dibentuk pengurus-pengurus cabang di 14 kabupaten/kota se-Kalbar.

“Sudah ada 8 DPC yang akan dibentuk pada bulan ini. Dan target kami pada Oktober tahun ini seluruh kabupaten/kota di Kalbar sudah ada pengurusnya. Kami mengajak kaum muda untuk berbuat, dan terlibat dalam politik. Jangan hanya mengkritik, tetapi kita tidak mau masuk ke dalamnya,” pungkas dia.

Sebagai sekretaris DPD Lasmura Kalbar, Ryan pun sangat berbangga diri, karena Partai Hanura saat ini dipimpin oleh putra asli Kalbar, yakni Oesman Sapta Odang. (dody)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.