DPC PDIP Kubu Raya, Gelar Kontes Burung Berkicau

DPC PDI Kubu Raya gelar kontes burung berkicau. Foto : Faisal

BorneOneTV – Ribuan  penggemar burung berkicau, atau lebih dikenal dengan  kicau mania dari berbagai  daerah di Kalimantan Barat  antusias mengikuti lomba dan kontes burung berkicau yang digelar oleh Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (DPC PDIP) Kubu Raya di Arena Kontes Burung Berkicau Tomput Jaya, Desa Kuala Dua,  Kecamatan Sungai Raya, Minggu 06 Agustus 2017.

Kontes burung  berkicau dengan nama  PDI Perjuangan Kubu Raya Cup I itu dibuka langsung oleh Bupati Kubu Raya, Rusman Ali, dan dihadiri pula sejumlah pengurus DPC PDIP Kubu Raya.

Menurut  Ketua  panitia  PDI Perjuangan Kubu Raya Cup, Yoga Irawan, kegiatan kontes burung berkicau ini memiliki tujuan utama mempererat tali silahturahmi antar masyarakat, etnis maupun Agama.

“Ini  juga sebagai  bentuk kerja nyata kami sebagai  kader PDIP, untuk terus bisa berbaur bersama dengan masyarakat Kalimantan Barat khusunya masyarakat Kubu Raya,” ujar Yoga Irawan.

Yoga menjelaskan, dalam perlombaan atau kontes burung berkicau ini,  sebanyak  12 jenis  burung berkicau yang diperlombakan dengan dibagi kedalam 21 kelas, kegiatan ini diselenggarakan secara bekerja sama dengan beberapa Bird Club (BC)  dan Singel Fighter serta berkordinasi dengan pihak-pihak lainnya.

“PDI Perjuangan Kubu Raya Cup I ini tentunya akan menjadi pelajaran bagi kami, agar kedepannya bisa diadakan lebih baik lagi,” ujarnya

Melalui  perlombaan dan kontes burung  berkicau ini, Yoga mengajak masyarakat se Kalimantan Barat khususnya penggemar burung berkicau agar tetap dapat melestarikan burung berkicau  yang ada di Kalimantan Barat ini, khususnya burung-burung yang dilindungi.

“Jika kita lihat peserta yang mengikuti kontes burung berkicau ini cukup antusias bahkan mencapai ribuan peserta,” ujar Yoga

Kedepannya yoga juga berharap dukungan dari Pemerintah Kabupaten Kubu Raya  khususnya instansi terkait, seperti Dinas Pariwisata dan Badan lingkungan hidup, agar kegiatan-kegiatan semacam ini terus dapat dilaksanakan di Kubu Raya.

“Kedepannya, Pemkab juga harus bisa mempunyai  lapangan  kontes  burung  berkicau sendiri, sebagai bentuk kepedulian Pemerintah kepada masyarakat khususnya penghobi  burung  berkicau,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Kubu Raya, Rusman Ali sangat  mengapresiasi  perlombaan atau kontes burung  berkicau  yang  diselenggarakan oleh DPC PDIP Kubu Raya, dan ia berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara terus- menerus setiap tahunnya, karena kegiatan ini merupakan moment yang sangat tepat untuk menjalin silahturahmi antar sesama.

“Kegiatan seperti  ini tentunya sangat baik sekali, dan tentunya harus tetap diagendakan, mudah-mudahan dengan diadakan even ini  benar-benar  menjadi  wadah menjalin silahturahmi  antar  masyarakat, etnis,  agama  maupun  sesama  penggemar  burung,” ujar Rusman  Ali.

Menurutnya, meskipun ia tidak dapat menilai keistimewaan  masing-masing burung  yang  diperlombakan ini, namun ia mengaku sangat senang mendengar kicauan burung itu.

“Saya memang  tidak bisa menilai mana burung yang baik, mana yang tidak , tapi saya cukup senang mendengar suara burung,” pungkas  Rusman Ali. (fsl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.