Terungkap, Ini Peta Aktivitas Rahasia Kucing Sehari-hari

Ilustrasi kucing (Foter.com /CC0)

BorneOneTV – Bagi sebagian besar orang, kucing merupakan sosok binatang yang lucu dan menggemaskan. Namun, banyak orang yang belum mengetahui apa saja aktivitas sehari-hari dari kucing peliharaan dan liar.

Seorang peneliti dan dokter hewan asal Laboratorium struktur dan Gerak di Royal Veterinary College (RVC), Inggris, meneliti tentang bagaimana kucing melakukan perjalanan dalam kehidupannya, dilansir BBC, Minggu 06 Agustus 2017.

Profesor Alan Wilson sudah sejak lama mempelajari pergerakan kucing di dalam lingkungannya. Namun, dibutuhkan teknologi baru untuk meneliti aktivitas kucing tanpa mengganggu perilaku alaminya.

Untuk meneliti kucing, Wilson akhirnya menemukan teknologi baru dengan menggunakan perangkat GPS dan sensor gerak elektronik untuk melacak dan aktivitas dan pergerakan kucing peliharaan dan liar.

“GPS dan sensor gerak berukuran kecil dan ringan, sehingga tidak akan mengganggu kucing saat dikalungkan di lehernya,” kata Wilson.

Setelah peneliti memproses data-data dari GPS dan sensor gerak elektronik dan memvisualisasikan di perangkat komputer yang khusus dirancang untuk melihat pergerakan. Akhirnya peneliti mengetahui aktivitas dari kucing-kucing itu.

“Kami sangat terkejut dengan hasil visualisasi aktivitas dari sebagian besar kucing. Mereka (kucing) hanya bergerak di dalam satu desa saja, dan tidak melewati desa-desa lainnya,” kata Wilson.

Wilson menjelaskan, sepertinya kucing-kucing di suatu wilayah sudah memiliki batas-batas perburuan makanannya pada suatu wilayah.

“Perilaku itu sepertinya dilakukan oleh kucing untuk menghindari perkelahian dengan kucing yang berada di wilayah lain,” ungkap Wilson.

Pola perilaku kucing juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti cuaca, suhu, dan waktu berburu makanan. Temuan ini telah membuktikan bahwa kucing memiliki batas-batas wilayah ketika mencari makanan.

“Penelitian ini telah memberikan pelajaran baru pada kegiatan kucing setiap hari. Sekarang, misteri perginya kucing dari rumah pemiliknya telah diketahui,” tutur Wilson. (arah.com)

 

 

Galat basis data WordPress: [Incorrect key file for table './username_wp280/wprd_comments.MYI'; try to repair it]
SELECT SQL_CALC_FOUND_ROWS wprd_comments.comment_ID FROM wprd_comments WHERE ( comment_approved = '1' ) AND comment_post_ID = 5528 AND comment_parent = 0 ORDER BY wprd_comments.comment_date_gmt ASC, wprd_comments.comment_ID ASC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.