Jadi Hewan Dilindungi, Warga Serahkan Elang Brontok ke BBKSDA

BorneOneTV – Seekor elang brontok (Nisaetus Cirrhatus) yang merupakan satwa dilindungi dikembalikan warga yang berada di Jalan Melati, Tanjung Anom, Medan Sunggal, ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara (Sumut).

Staf Seksi Perencanaan Perlindungan dan Pengawetan BBKSDA Sumut, M. Ali Iqbal mengatakan, pihaknya mendapat laporan dari masyarakat terkait adanya warga yang memelihara satwa dilindungi di daerah Tanjung Anom. Atas laporan tersebut pihak BBKSDA langsung menuju lokasi tersebut.

“Saat petugas sudah tiba di lokasi, langsung berjumpa dengan pemiliknya. Kami tanya ternyata elang tersebut peliharaan orang tuanya,” katanya di kantor BBKSDA Sumut, Rabu 09 Agustus 2017.

Lanjut Iqbal, awalnya elang brontok tersebut ada dua ekor. Tapi satu ekor lagi mati setelah orang tua pemilik elang tersebut meninggal dunia. Namun, satu elang lagi masih hidup dan itu yang diserahkan pemilik kepada petugas BBKSDA.

“Saat elang tersebut diserahkan kepada pemiliknya ke petugas. Petugas langsung memberi penjelasan secara edukatif terkait UU nomor 5 tahun 1990 bahwa elang itu termasuk jenis hewan yang dilindungi tidak boleh dipelihara secara pribadi. Setelah diberi penjelasan tersebut akhirnya pemiliknya menyerahkan elang itu secara suka rela ke BBKSDA,” jelasnya.

“Kalau untuk umur dan jenis kelaminnya belum kita ketahui. Karena ini langsung di bawa ke PPS Sibolangit untuk diperiksa lebih lanjut. Namun, dari keterangan pemiliknya sudah ada 4-5 tahun,” ungkapnya.

Iqbal juga menambahkan bahwa kondisi elang tersebut dalam keadaan sehat. Namun dari kecil elang ini tidak bisa terbang jadi kemungkinan kita akan latih terbang karena dia selalu berada di kandang. (Nugi/arah.com)

Galat basis data WordPress: [Incorrect key file for table './username_wp280/wprd_comments.MYI'; try to repair it]
SELECT SQL_CALC_FOUND_ROWS wprd_comments.comment_ID FROM wprd_comments WHERE ( comment_approved = '1' ) AND comment_post_ID = 5685 AND comment_parent = 0 ORDER BY wprd_comments.comment_date_gmt ASC, wprd_comments.comment_ID ASC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.