Polda Kalbar Lantik 267 Siswa Pada Pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri

267 siswa Bintara Polri yang dilantik di SPN Pontianak. Foto : Humas Polda Kalbar

BorneOneTV – Kapolda Kalimantan Barat,  Inspektur Jenderal Polisi Erwin Triwanto melantik 267 Siswa pada Pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Pontianak tahun ajaran 2017/2018,  di halaman SPN Pontianak, Rabu 09 Agustus 2017.

Pada sambutannya dihadapan 267 siswa, Irjen Pol Erwin Triwanto, mengucapkan selamat atas keberhasilan siswa yang telah dinyatakan  lulus seleksi dan ditetapkan menjadi peserta didik pada program Diktuk Bintara Polri Tahun Ajaran 2017/2018, dan akan menempuh pendidikan di Sekolah Kepolisian Negara.

“Lembaga pendidikan Polri ini adalah tempat saudara dididik, ditempa, dan dilatih guna menjadi insan Tribrata yang Profesional, Modern, dan Terpercaya. untuk itu, maknai anugerah dan karunia Tuhan yang maha kuasa ini, dengan penuh rasa syukur, disertai niat kesungguhan dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang telah ditetapkan oleh lembaga,” katanya.

Erwin mengatakan perkembangan dan tantangan tugas Polri ke depan akan semakin berat. Era globalisasi yang terjadi dengan cepat, telah memunculkan berbagai dinamika kejahatan berdimensi baru, yang diiringi dengan potensi terjadinya gangguan kamtibmas pada berbagai bidang kehidupan masyarakat.

“Realitas tantangan tugas ke depan, harus mampu diatasi oleh institusi Polri, agar stabilitas keamanan dalam negeri dapat tetap terjaga. Untuk itu, Polri harus didukung oleh SDM Polri yang profesional, berintegritas, dan mampu menguasai bidang tugasnya,” tegasnya.
Ia melanjutkannya,  salah satu upaya Polri, guna mewujudkan SDM Polri yang berkualitas adalah melalui penyelenggaraan Diktuk Bintara Polri yang saudara-saudara laksanakan saat ini.

“Selama kurang lebih 7 (tujuh) bulan ke depan, saudara akan mengikuti pendidikan yang dilaksanakan di sepolwan Lemdiklat Polri, Pusdik Binmas, Pusdik Sabhara, serta pada 29 SPN jajaran Polda,” tutur Jenderal Bintang dua ini.

Penyematan tanda Siswa, disematkan langsung oleh Inspektur upacara kepada perwakilan peserta didik, begitu juga pengguntingan rambut dan penyiraman air bunga oleh Kapolda Kalimantan Barat didampingi Ny. Arie Erwin Triwanto selaku Ketua PD Bhayangkari Polda Kalimantan Barat.

Untuk diketuai, khususnya pada tahun 2017 ini, Polri menerima 10.150 peserta didik, terdiri atas 9.650 orang pria dan 500 orang wanita. Dari jumlah tersebut, Polri akan mempersiapkan penguatan personel sebanyak 200 orang dengan latar belakang keahlian IT, yang akan dididik khusus di SPN Cisarua Polda Jawa Barat.

Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan merupakan tahapan penting yang tidak dapat dipisahkan dari keseluruhan upaya pembinaan personel. Melalui optimalisasi seluruh komponen pendidikan, disertai desain kurikulum berbasis kompetensi diharapkan dapat tercipta personel Polri yang berkualitas.

Oleh karena itu, peran Lemdiklat Polri sangat signifikan dalam menyusun program pendidikan yang tepat guna, terlebih pada penyelenggaraan Diktuk Bintara Polri yang akan dilaksanakan dalam waktu yang relatif singkat. (Bgs)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.