Thamrin Usman Siap Bikin Kalbar Lebih Maju

BorneOneTV – Salah satu bakal calon Gubernur , yang menyatakan maju pada Pilkada Kalbar 2018, Prof Dr H Thamrin Usman DEA, menyatakan tekad kuatnya untuk memajukan Kalimantan Barat ke depan.

“Dengan menekankan pada peningkatan kualitas Kalimantan Barat itu sendiri, tentunya Kalbar bisa lebih baik dibandingkan provinsi lainnya di pulau Kalimantan,” ujarnya Rektor Untan ini di Pontianak,  Rabu 9 Agustus 2017.
Menurutnya, peningkatan kualitas yang dimaksud adalah pemanfaatan sumber daya yang ada di Kalbar baik sumber daya alam maupun sumber daya manusianya.

“Sumber daya alam Kalbar yang ada saat ini masih belum dikelola dengan maksimal tidak hanya eksplorasi, eksploitasi hasil dari sumber daya alam tersebut pun masih belum dilakukan secara ideal, seperti hasil tambang, hasil hutan, dan hasil dari pembudidayaan pertanian dan perkebunan, yang kesemuanya jika bisa dikelola dengan baik tentu akan menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD) yang signifikan,” terangnya.

Sedangkan mengenai sumber daya manusia (SDM) Kalbar, ia menyebut jika saat ini daya saing Kalimantan Barat masih berada di bawah rata-rata daerah lain dalam wilayah Kalimantan dan jika dikomparasikan dengan daerah lain secara nasional tentu selisihnya lebih drastis lagi sehingga ini menjadi salah satu prioritas yang akan diperhatikannya jika berhasil menjadi pemimpin Kalbar nanti.

“Kalau sumber dayanya masih belum maksimal tentu ini akan berbanding lurus dengan kemampuan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alamnya juga yang tidak optimal,” katanya.

Dirinya menerangkan, jika Kalbar saat ini hanya dijadikan tujuan oleh orang luar untuk dinikmati manfaatnya dan sementara orang Kalbar sendiri hanya dilibatkan sebagai pekerja, atau malah tak terlibat sama sekali sehingga hasil dari sumber daya yang ada di Kalbar dan tidak memberikan dampak baik secara langsung kepada masyarakat Kalbar yang bersinggungan dengan sumber daya tersebut,” jelasnya.

Selain itu, keberagaman etnis dan agama yang ada di Kalbar juga merupakan anugerah Tuhan, yang patut didorong. Menurutnya, kekayaan yang tak ternilai harganya tersebut, dapat menjadi pendorong untuk meningkatkan daya saing dan menjadi daya tarik untuk meningkatkan kunjungan wisatawan manca negara maupun lokal.

“Karena keberagaman dan kekayaan budaya yang dimiliki tiap-tiap etnis termasuk upaya menjaga kelestarian budaya tersebut yang saat ini juga sedang gencarnya dilaksanakan pemerintah,” ungkapnya.

Untuk itu, berbekal pengalaman sebagai pemimpin universitas pertama dan terbesar di Kalimatan Barat, dan memiliki bidang akademisi yang mumpuni, dirinya berkeyakinan hal itu menjadi kuat baginya untuk mampu memimpin Kalbar kedepan.

“Kalau saya diamanahkan memimpin Kalbar, saya siap membawa Kalbar berlari mengejar ketertinggalan selama ini,dan membawa Kalbar maju dalam pembangunan dan memberikan kemaslahatan bagi semua masyarakat di Kalimantan Barat,” pungkasnya. (Budi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.